20.1 C
New York
Monday, September 9, 2024

Heboh! Hujan Es di Kota Medan Siang Ini, Begini Penjelasan BMKG

Medan, MISTAR.ID

Masyarakat dihebohkan dengan fenomena hujan es yang melanda sejumlah wilayah Kota Medan, seperti yang terjadi di Jalan Sei Serayu, Jalan Sei Musi, Jalan Garuda, dan beberapa daerah lainnya, Senin (2/9/24) siang.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Endah Paramita, menjelaskan bahwa fenomena itu terjadi disebabkan oleh kelembaban yang cukup tinggi.

“Kondisi kelembaban udara yang cukup tinggi pada lapisan atas memicu terjadinya hujan es di Jalan Sei Serayu Medan dan sekitarnya,” katanya dalam keterangan resmi.

Selain itu, kata Endah, pertumbuhan awan di wilayah Kota Medan dan sekitarnya terjadi pada pukul 13.30 WIB dan terus meningkat hingga terjadinya hujan es pada pukul 14.00 WIB.

Baca juga: BMKG: Gempa Gunungkidul Berhubungan dengan Megathrust

“Berdasarkan resume data dinamika atmosfer hari ini, angin lapisan 3000 feet pada pukul 00.00 UTC (07.00 WIB) menunjukkan adanya belokan angin Sumatera Utara (Sumut),” tambahnya.

Hal ini, lanjut dia, menyebabkan penumpukan massa udara, sehingga mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumut termasuk Kota Medan dan sekitarnya.

“Peringatan dini yang disampaikan oleh Balai Besar MKG Wilayah I Medan antara lain, potensi hujan lebat yang meliputi Kota Medan dan cuaca ekstrem/nowcasting,” ucap Endah.

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan terus waspada, serta memonitor perkembangan informasi dan peringatan dini cuaca melalui berbagai media terpercaya. (deddy/hm25)

Related Articles

Latest Articles