14 C
New York
Sunday, October 13, 2024

Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Aceh Besar, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Aceh, MISTAR.ID

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,8 mengguncang wilayah Aceh Besar tepatnya berpusat di Pantai Barat Sumatera Samudera Hindia, Minggu (13/10/24) pukul 14.01 WIB.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono, mengatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini terletak pada koordinat 5,28° LU dan 94,26° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 121 km arah barat daya Kota Banda Aceh pada kedalaman 43 km,” ungkapnya dalam keterangan pers.

Baca juga: Nias Selatan Diguncang Gempa, Dirasakan Hingga ke Kota Pandan

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, dijelaskan Daryono, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” katanya.

Gempa ini, lanjut Daryono, berdampak dan dirasakan di daerah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar dengan skala intensitas III-IV Modified Mercalli Intensity (MMI) atau bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

“Daerah Sabang dan Pidie dengan skala intensitas III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu. Serta, daerah Pidie Jaya dan Bireuen dengan skala intensitas II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” paparnya.

Baca juga: Selama Setahun, 8.000 Kali Indonesia Diguncang Gempa

Dikatakan Daryono, hasil monitoring BMKG hingga pukul 14.20 WIB menunjukkan belum adanya aktivitas gempa susulan akibat dari gempa yang terbilang cukup kuat itu.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Diimbau juga agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” imbaunya.

Kemudian, BMKG juga mengimbau masyarakat untuk memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggalnya tidak ada kerusakan akibat dari getaran gempa tersebut. (deddy/hm27)

Related Articles

Latest Articles