14.8 C
New York
Friday, October 4, 2024

Diduga Kebocoran Gas Picu Kebakaran Mal Ciputra Mulai Lantai 4-6

Jakarta, MISTAR.ID

Pihak kepolisian membeberkan kronologi terjadinya kebakaran di Mal Ciputra, Jakarta Barat (Jakbar), yang sumber apinya berasal dari restoran.

Polisi menyatakan awalnya kebakaran diketahui salah seorang cleaning service yang mendengar suara percikan api.

“Saksi mencari sumber suara itu dan melihat restoran warung Leko terbakar. Lalu saksi 1 turun ke lantai 1 menginformasikan ke saksi 2 selaku sekuriti Mal Ciputra yang berjaga di lobi barat Mal Ciputra,” sebut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi kepada awak media, pada Jumat (4/10/24).

Baca juga:Pasca Kebakaran Grand Liberty, Resepsi Pernikahan Pindah ke Hotel Four Points

Dijelaskan, saksi 2 meminta bantuan pada sekuriti lain untuk memadamkan api memakai apar dan hidran. Hanya menurut dia, usaha pemadaman ini tak membuahkan hasil, sehingga para saksi mengontak pihak pemadam kebakaran (damkar).

Tak lama berselang, petugas damkar pun tiba di lokasi dengan membawa 16 unit mobil damkar. Api lalu dijinakkan dan dipadamkan petugas damkar.

“Api bisa dipadamkan kurang lebih 30 menit. Usai dilakukan identifikasi, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Kerugian materiil belum bisa ditaksir dan korban jiwa nihil,” kata Ade.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan kebakaran berimas ke tiga lantai di mal tersebut, dan 1 orang alami luka ringan.

Baca juga:Kebakaran Kapal di Muara Baru, Empat ABK Berhasil Diselamatkan

BPBD Jakarta menyampaikan kebakaran berefek ke lantai 4, 5, dan 6 bangunan. Diduga penyebab api akibat gas bocor.

“Dugaan penyebab kebocoran gas. Kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai Rp5,6 miliar,” kata BPBD Jakarta.

Pihak manajemen mal meminta maaf terhadap ketidaknyamanan. Mal Ciputra Jakarta Barat tutup sementara pasca kebakaran di lantai 5.

“Kami akan menutup sementara operasional Mal Ciputra Jakarta pada hari Jumat (4/10/24),” ujar Public Relation Mal Ciputra Jakarta, Rida Kusrida melalui keterangannya yang diposting di akun resmi Mal Ciputra.

Baca juga:Kebakaran Gudang BBM Ilegal di Lampung Selatan, Warga Sempat Dengar Ledakan

Rida menuturkan, pihak manajemen prihatin atas kebakaran yang terjadi dinihari itu. “Kami bakal bekerja sama dengan pihak berwenang dalam rangka menyelidiki penyebab kebakaran yang terjadi,” katanya mengakhiri. (dtk/hm16)

Related Articles

Latest Articles