32.9 C
New York
Friday, August 2, 2024

Diduga Akibat Korsleting Listrik, Ruang Asrama Ponpes Sabilul Mukminin Terbakar

Binjai, MISTAR.ID

Diduga akibat hubungan pendek arus listrik (korsleting) asrama pondok pesantren Sabilul Mukminin yang ada di Jalan Sawi No 106, Kelurahan Payaroba, Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai terbakar pada Sabtu, (27/7/2024).

Peristiwa kebakaran ini diketahui saat sejumlah santri sedang melakukan kegiatan belajar mengajar di ruangan kelas. Tiba tiba salah seorang santri melihat adanya asap tebal yang keluar dari salah satu ruangan asrama. Ruangan tersebut selama ini dalam keadaan kosong. Diduga kuat asap tebal tersebut akibat korsleting listrik.

Api sempat membesar dan membakar ruangan asrama berikut satu buah tempat tidur yang ada di dalam ruangan tersebut.

Pihak pesantren kemudian melaporkan kejadian ini ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai. Sesaat kemudian tiga unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian untuk memadamkan api.

Baca juga: Kebakaran Hutan di Silahisabungan Padam, Camat: Tetap Harus Waspada

Beruntung api dapat segera dipadamkan meski setelah menghanguskan satu buah ruangan asrama santri. Kepala pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Binjai Rudi Iskandar menyatakan tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa kebakaran ini.

“ Namun kerugian akibat kebakaran menurut pihak pesantren mencapai sekitar satu juta rupiah,” ujar Rudi Iskandar.

BPBD Kota Binjai kembali menghimbau warga untuk selalu waspada dan berhati hati terhadap potensi kebakaran.

“ Saat ini sedang berlangsung cuaca panas ekstrim, potensi kebakaran sangat mungkin terjadi. Warga diimbau untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan berhati hati jika membakar sampah,” imbau Rudi Iskandar. (endang/hm17)

Related Articles

Latest Articles