20 C
New York
Tuesday, August 27, 2024

Demonstran Sumut Minta Pj Gubsu Netral Dalam Pilkada 2024, Ini Tanggapan Pemprovsu

Medan, MISTAR.ID

Ratusan masyarakat melakukan aksi demonstrasi meminta Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Agus Fatoni agar bersikap netral di masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Selasa (27/8/24).

Aksi dilakukan di depan Kantor Gubsu, Jalan Diponegoro sekira pukul 10.00 WIB dengan membawa poster tuntutan dan orasi-orasi dari masa aksi.

Koordinator Aksi, Khairi Amri menjelaskan tuntutan utama dari aksi tersebut yakni meminta Pj Gubernur tidak memihak kepada calon-calon Kepala Daerah manapun semasa Pilkada 2024.

“Tuntutan kita copot Pj Gubernur karena telah banyak melakukan cawe-cawe kepada calon Kepala Daerah, ini kita anggap tidak netral, jadi Pj itu harus netral, itu tuntutan utama kita. Ini akan berimplikasi ke Walikota dan Bupati di bawahnya,” ujarnya kepada mistar.id.

Baca juga: Mahasiswa dan Relevansi Demonstrasi di Era Digital

Menanggapi hal tersebut, melalui Sekretaris Kesbangpol Sumut, Hendra Dermawan Siregar mengatakan ASN khususnya di Pemprov Sumut sudah mengikuti perintah Pemerintah Pusat agar netral saat Pilkada.

“Mereka menuntut adanya indikasi cawe-cawe politik, kita sampaikan bahwasanya kita sudah menganut surat edaran pusat, dan surat edaran provinsi terkait netralitas ASN saat Pilkada,” ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan Pj Gubsu, Agus Fatoni sering mengingatkan mengenai pentingnya netralitas bagi ASN.

“Setiap upacara, setiap waktu kami diingatkan untuk senantiasa netral dalam Pilkada ini oleh pak Pj Gubsu, jadi kami akan ikuti perintah itu,” pungkasnya. (iqbal/hm20)

Related Articles

Latest Articles