19.2 C
New York
Saturday, June 29, 2024

Breaking News: Jalinsum Sipirok-Padangsidimpuan Terendam Banjir

Tapsel, MISTAR.ID

Walau berada di areal pegunungan tepatnya di lereng Gunung Sibual-buali, ternyata Sipirok juga bisa mengalami banjir. Setelah diguyur hujan deras, Selasa (14/5/24), badan jalan lintas Sumatera (jalinsum) yang menghubungkan Sipirok dengan Padangsidimpuan (Psp) tepatnya di Desa Kilang Papan, mengalami banjir.

Kenderaan yang lalu lalang terpakaa terhenti, dan antrian mengular hingga beberapa kilometer. Seban, badan jalan tidak tidak mungkin dilintasi akibat banjir dengan tinggi sepinggang orang dewasa.

Suangkupon Pane (43) salah seorang warga Kilang Papan menyebut, sejak pukul 17.00 WIB hujan deras mengguyur wilayah itu. Air dari hulu berkumpul di parit pinggir jalinsum, semakin lama semakin besar. Gorong-gorong yang biasa mengaliri air dari sisi hulu ke hilir, tak mampu menampung air yang semakin lama semakin merendam. Akhirnya, air meluap dan membanjiri badan jalan dengan cepat.

“Banjirnya mulai sekitar 19.00 WIB. Ada beberapa mobil dan sepeda motor sempat terjebak dan mesinnya mati gara-gara banjir yang tiba-tiba meninggi di badan jalan,” terang Suangkupon.

Baca Juga : Banjir Bandang di Sumbar Menewaskan 37 Orang

Tak hanya itu, sedikitnya 2 lopo (kedai) kopi ditambah 2 rumah milik warga, serta masjid tak luput dari rendaman banjir. Bahkan, satu unit mobil yang saat melintas sempat mati, masih terendam, dan belum bisa dievakuasi.

“Sampai saat ini air masih setinggi pinggang orang dewasa. Diperkirakan air akan surut dua jam ke depan, itu pun jika curah hujan reda,” ungkapnya.

Untuk saat ini PLN memutus aliran listrik di daerah itu, sebab air hampir menyentuh tiang trafo yang ada di lokasi. Akibat banjir itu, ratusan kendaraan baik dari arah Padangsidimpuan maupun Sipirok, menumpuk sambil mrnunggu air surut.

“Sudah satu jam setengah menunggu di sini pak, kabarnya ada banjir di depan,” ungkap Rahman (24) salah seorang pengendara yang hendak menuju Padangsidimpuan.

Kondisi antrian kendaraan semakin diperparah dengan adanya longsor tebing yang menimpa badan jalan, tepatnya 300 meter dari lokasi banjir menuju arah Sipirok. (amran/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles