20.7 C
New York
Wednesday, August 7, 2024

BMKG: Hati-hati dengan Banjir di Pegunungan Karena Hujan Lebat

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan mewanti-wanti banjir akibat hujan deras, terutama di daerah pegunungan dan pantai barat Sumatera Utara.

“Waspadai hujan lebat di daerah pegunungan, di lereng barat dan pantai barat Sumut, yang dapat menyebabkan banjir, angin kencang, dan tanah longsor,” jelas Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Martha Manurung, Rabu (28/6/23).

Secara umum, cuaca di seluruh Sumatera Utara akan cerah dan berawan selama dua hari ke depan pada pagi hari.

Baca juga : BMKG Wilayah I Medan Imbau Masyarakat Waspadai Curah Hujan Tinggi

Hujan ringan atau lebat dapat terjadi di seluruh Sumatera Utara pada sore dan malam hari. Hujan lebat terjadi di Langkat, Deli Serdang, Karo, Dairi, Toba, Mandailing Natal, Kepulauan Nias, Simalungun, Asahan dan sekitarnya.

Demikian pula dengan potensi hujan ringan atau lebat pada malam hari di sebagian wilayah Sumatera Utara. Hujan lebat akan turun di wilayah Langkat, Binjai, Deli Serdang, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan dan sekitarnya.

Baca juga : BMKG Prediksi Sebagian Besar Indonesia Cerah Berawan Hari ini

Hujan ringan dini hari berpotensi terjadi di Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Asahan dan sekitarnya.

Sementara suhu rata-rata 16,0 32,0 derajat Celcius, kelembabannya 65 95 persen. Angin bertiup dari barat daya-barat laut dengan kecepatan 10-20 km/jam. (ant/hm18)

Related Articles

Latest Articles