19.1 C
New York
Thursday, August 8, 2024

Besok Pembacaan Tuntutan Korupsi Pembangunan Gedung Terpadu UINSU

Medan, MISTAR.ID

Setelah tiga bulan menjalani proses persidangan akhirnya, Senin (08/11/21) akan dibacakan tuntutan kepada tiga terdakwa dugaan korupsi pembangunan Gedung Kuliah Terpadu UINSU Tahun 2018 lalu pada pembacaan tuntutan.

Adapun ketiga terdakwa yakni Mantan Rektor UINSU Prof Saidurrahman, Mantan PPK UINSU Syahruddin Siregar dan Direktur Multi Karya Bisnis Perkasa (MKBP) Joni Siswoyo.

Sebagaimana dibenarkan Penuntut Umum Tipikor Kejatisu, Hendrik Edison kepada Mistar.id saat dikonfirmasi melalui telephon selulernya, Minggu (07/11/21).

“Senin, agendanya pembacaan tuntutan karena proses pemeriksaan saksi, ahli dan terdakwa telah selesai,” ucapnya lagi.

Baca juga:Poldasu Tetapkan 3 Tersangka Dugaan Kasus Pembangunan Gedung UINSU

Dakwaan yang dibacakan Penuntut Umum Hendri Edison Sipahutar dan Robertson Pakpahan menyebutkan untuk memuluskan dan memenangkan oleh pihak MKBP, ada aliran dana Rp2 Miliar yang diserahkan kepada Prof Saidurahman selaku Rektor UINSU dan KPA dalam proyek yang merugikan negara Rp10 Miliar lebih dari total anggaran Rp50 Milyar.

Selain itu, meski proyek pembangunan belum selesai namun sudah dibayarkan 100 persen sehingga ada kelebihan bayar dalam proyek tersebut.

Baca juga:Kasus Dugaan Korupsi Rp44,9 Miliar, Mantan Rektor Sebut WR II UINSU Tahu Soal Proyek Gedung Kuliah Terpadu

Sebelumnya, dalam dakwaan jaksa, bahwa Saidurahman dan Syahruddin Siregar (berkas terpisah) bersama Rizki Anggraini SE, selaku Ketua Kelompok Kerja (POKJA), Marhan Suaidi Hasibuan anggota Pokja, dan Kasubbag Rumah Tangga Bagian Umum Biro AUPK UINSU Medan, Marudut Harahap, di mana ketiganya ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik oleh Ditreskrimsus Poldasu.

Di mana masing-masing terdakwa melakukan kesepakatan baik harga perkiraan sendiri (HPS) untuk pekerjaan Pembangunan Gedung Kuliah Terpadu UIN Sumatera Utara Medan Tahun Anggaran 2018 yang akan dilelang termasuk penunjukan pemenang lelang.(amsal/hm06)

Related Articles

Latest Articles