23.5 C
New York
Thursday, July 25, 2024

3 Pilar Redam Aksi Tawuran di Tembung

Deli Serdang, MISTAR.ID

Tawuran yang sering terjadi di Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang sudah mendapat perhatian serius dari pihak kepolisian, pemerintah desa dan TNI (3 Pilar).

Sebagai upaya untuk meredam keributan yang sering terjadi di wilayahnya, Kepala Dusun IX Sopian Ritonga menjelaskan pihaknya bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas rutin melakukan penjagaan bersama.

Selain itu, pendekatan terhadap para orang tua serta menghidupkan pos keamanan lingkungan (kamling) juga telah dilakukan.

Baca juga : Dua Kelompok Tawuran di Pasar VII Tembung, Warga Ketakutan

“Setiap malam Sabtu sama malam Minggu kami jaga sama RT. Tapi pas jaga nggak pernah ada ribut. Kami juga sering ke kawasan rel itu ngobrol sama orang-orang tua agar mengingatkan anak-anaknya. Kami masuk ke Dusun II, Dusun IV, Dusun IX sampai ke Desa Bandar Khalipah sana kami masuki,” ujarnya saat ditemui di Kantor Desa Tembung, Kamis (25/7/24).

Selain pendekatan terhadap para orang tua, Sopian juga mengaku telah mengaktifkan pos kamling di wilayahnya. Hingga kini, di dusunnya tercatat 3 pos kamling aktif, dari yang sebelumnya 6 pos.

“Dulu pertama kali ada 6. Sudah pernah juga kami buat apel di lokasi sama Babinsa, Bhabinkamtibmas. Tapi itulah, peran aktif masyarakat juga penting untuk menjaga pos kamling itu,” ujarnya.

Kini, sambung Sopian, pihaknya melakukan upaya baru untuk memutuskan akses keluar masuk para remaja yang hendak melakukan tawuran.

Related Articles

Latest Articles