18.5 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Sumut Masih Diproyeksikan Mengalami Inflasi

Menurut hitungan Gunawan, harusnya harga cabai merah rata-rata di bawah Rp36 ribu per kg agar bisa mengejar target deflasi. Begitupun, beberapa komoditas pangan masyarakat seperti cabai rawit, ikan segar, bawang merah, bawang putih dan tomat berpeluang mendorong terciptanya deflasi.

“Termasuk tiket pesawat dan kemungkinan harga emas. Sementara itu, untuk komoditas lainnya sejauh ini masih terpantau stabil. Daging ayam, minyak goreng, gula pasir, telur ayam, daging sapi, dan beras juga sejauh ini masih terpantau stabil. Walaupun terpantau stabil, sejumlah harga kebutuhan masyarakat saat ini pada umumnya masih bertahan mahal. Dan beberapa komoditas yang terbilang mahal didorong oleh buruknya cuaca yang mengakibatkan terjadinya tekanan pada sisi produksi,” bebernya.

Baca juga : Pj Gubernur Sumut Dorong Pengendalian Inflasi Melalui Kerjasama Tiga Kabupaten

Adapun beberapa komoditas pangan yang terdampak dari cuaca (panas) diantaranya adalah cabai merah, cabai rawit, daging ayam, telur ayam dan gula pasir.

Sementara untuk bawang merah yang bertahan mahal dipicu oleh kondisi gagal panen serta penurunan produksi di sentra produksi bawang merah di Pulau Jawa dan sekitarnya. (anita/hm18)

Related Articles

Latest Articles