19.7 C
New York
Wednesday, September 18, 2024

RJ Ice Cream Roll, Usaha Kreatif yang Berkeliling dari Event ke Event

Medan, MISTAR.ID

Merasa stagnan dalam pekerjaannya sehari-hari, Elfita dan suaminya memutuskan untuk beralih membuka usaha kecil-kecilan sebagai alternatif. Wanita berusia 29 tahun ini mengaku awalnya mencari-cari ide usaha dari internet.

Setelah melihat popularitas ice cream roll di Jakarta dan Jawa melalui YouTube, mereka memutuskan untuk mencoba peruntungan di bidang ini.

“Aku sama Abang tadinya sama-sama pekerja. Cuma kayanya kerja kami gini-gini aja. Ya sudah mikirin lah apa gitu kerjaan yang cocok. Searching di YouTube rupanya dapat lah tentang ice cream roll. Akhirnya kami coba cari mesinnya, dan mulai berjualan,” katanya kepada Mistar.id, Rabu (18/9/24).

Dengan belajar secara otodidak, usaha dengan nama RJ Ice Cream Roll ini semakin berkembang dan telah berjalan selama kurang lebih dua tahun.

Baca juga: Puluhan Mitra UMKM Binaan Rumah BUMN Medan Ikuti Sosialisasi Investasi Kekinian

Lanjut Elfita, awalnya mereka berjualan di pasar malam, dan mulai masuk ke event-event. Mereka tidak memiliki lokasi menetap.

“Kami jualan di pasar malam sama event. Saat ini juga kita buka di pasar malam di Melati, Perbaungan. Tiap bulan kita masuk pasar malam. Nanti kalau ada event, kami lompat ke event itu, cuma yang pasar malam tetap jalan,” lanjutnya.

Meski Elfita tinggal di Kota Medan, tapi ia juga mengikuti event dan pasar malam hingga ke luar kota, seperti Banda Aceh, Pekanbaru, Rantau Prapat, Sibolga, dan daerah lainnya.

Memiliki delapan varian rasa, dengan harga Rp 25.000 per cupnya, Elfita mengatakan dapat menjual sekitar 1.000 cup per bulan.

Baca juga: OJK Dorong Pemanfaatan ICS untuk Permudah Akses Pembiayaan UMKM

“Tapi kalau lagi hujan dan peminatnya sepi, standarnya itu paling 500 cup sebulan. Sejauh ini penjualan lumayan lah, bukan yang berlebihan gimana tapi menutupi lah,” ungkapnya.

Saat ini ia memiliki dua orang karyawan. Dan sedang mencoba menu baru untuk dijajakan di lapaknya, yakni es asap dan chicken cut.

“Cuma kendalanya, kalau di chicken cut ini kan agak payah kalau kita bawa ke luar kota. Karena kan harus di olah-olah lagi,” tuturnya.

Elfita dan suami juga telah memutuskan berhenti dari pekerjaan sebelumnya dan fokus untuk mengembangkan usaha ice cream roll milik mereka. (susan/hm25)

Related Articles

Latest Articles