Tuesday, April 22, 2025
home_banner_first
EKONOMI

Pandemi Covid-19, Market Daihatsu Mulai Tumbuh 75%

journalist-avatar-top
Kamis, 3 Juni 2021 21.23
pandemi_covid_19_market_daihatsu_mulai_tumbuh_75

pandemi covid 19 market daihatsu mulai tumbuh 75

news_banner

Medan, MISTAR.ID

Seperti diketahui Maret 2020 Indonesia mengumumkan masuknya Covid-19 dan menyebabkan seluruh sektor ekonomi lumpuh. Salah satunya sektor otomotif. Berdasarkan penjualan market otomotif saat ini memang belum kembali seperti biasa. Untuk Sumatera biasanya penjualan Daihatsu everate 14.200 sampai 14.600 sebelum pandemi. Tiba memasuki pandemi penjualan di bawah 10.000 marketnya.

“Akan tetapi saat ini market kita mulai bengkit memasuki 10.500 berdasarkan penjualan Maret dan April. Belum kembali memang, tapi bila kita lihat data ada sekitar 75% dari pada kondisi normal. Dan, pertumbuhan mulai Maret ke depan angkanya cukup baik,” kata Regional Head Sumatera, Astra International, Edy Susanto dalam peluncuran Daihatsu Rocky di Medan, Kamis (3/6/21).

Ia berharap, insentif PPN Bank bisa dipertahankan. Sebab dari segi otomotif bisa membantu para sahabat Daihatsu memiliki mobil impiannya. Sebelumnya, Edy menyebutkan, Gaikindo memprediksi market otomotif tahun ini sebanyak 700 ribu sebagai gambaran tahun lalu sesuai data dari Gaikindo ada 1 juta 40 ribu lebih. Turun karena pandemi sebesar 550 ribu.

Baca Juga:Mobil Daihatsu Xenia Terjun ke Jurang di Pondok Bulu Simalungun

“Tapi saya prediksi kemungkinan akan direvisi di atas 700 ribu karena data memperlihatkan angka yang baik mulai dari Maret ke atas. Sekarang angkanya juga naik. Kalau dari sisi penjualan Daihatsu di Sumatera ada 2.300. Begitu masuk di April, penjualan menuju 2.800. Kalau kita hitung-hitung ada kenaikan. Estimasi saya dengan pertumbuhan market saat ini, kami optimis Pulau Sumatera untuk Daihatsu top targetkan 2.700 sampai 2.800. Setidaknya kita bisa menuju 80% sampai 85% dari kondisi normal,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Daihatsu Rocky produk keluaran terbaru Daihatsu diperkenalkan secara resmi di Kota Medan. Selain di Medan, mobil keluaran 2021 ini diperkenalkan secara serentak di Padang, Jambi, Lampung, Palembang, dan Pekanbaru.

“Daihatsu Rocky merupakan mobil compact SUV berkapasitas 5 penumpang dengan desain stylish dan modern, yang sangat cocok serta nyaman dikendarai di berbagai kondisi jalan. Nama Rocky dipilih karen menggambarkan jiwa muda yang tangguh dan kuat,” sebutnya.

Baca Juga:Toyota Recall Avanza dan 9 Mobil Lain di Indonesia

Rocky adalah produk Daihatsu pertama di Indonesia yang mengusung teknologi DNGA (Daihatsu New Global Architecture). DNGA adalah platform terbaru dari Daihatsu yang dikembangkan dengan konsep: Kualitas Tinggi dengan Harga Terjangkau, Teknologi Terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien. “Daihatsu Rocky adalah produk kolaborasi ke-5 dari Daihatsu dan Toyota,” jelas Edy.

Diterangkannya, seperti kolaborasi sebelumnya, produk ini diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Research and Development ADM juga terlibat dalam pengembangannya, sehingga Rocky cocok dengan pasar Indonesia. (anita/hm12)

REPORTER:

RELATED ARTICLES