17.7 C
New York
Monday, October 7, 2024

Marketplace Temu Dipastikan Tak Berizin di Indonesia

Moga memahami perkembangan teknologi dan digitalisasi tidak bisa dihindari. Kendati demikian, pemerintah berkepentingan untuk melakukan proteksi agar industri dalam negeri bisa bersaing.

“Kita harus bisa menata terkait dengan tata kelola, perdagangan melalui sistem elektronik, sehingga ke depan industri dalam negeri juga dapat bersaing dan juga platform dalam negeri juga dapat bersaing,” terangnya.

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) sebelumnya memastikan aplikasi TEMU tidak masuk ke Indonesia karena menjadi ancaman yang membahayakan bagi UMKM dalam negeri.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki ini bahkan khawatir dampak aplikasi ini lebih berbahaya dari TikTok Shop.

Baca juga : Robot Trading Berkedok Investasi ‘Menelan’ Ratusan Korban

Senada, Menteri Kominfo Budi Arie menolak tegas aplikasi Temu karena menilai mereka dapat merusak ekosistem UMKM.

“Kita enggak akan kasih kesempatan. Masyarakat rugi, kan kita mau jadi ruang digital itu untuk membuat masyarakat produktif dan lebih untung, kalau membuat masyarakat rugi buat apa,” kata Budi Arie di Kantor Kominfo, Jakarta, Selasa (1/10/24).

Temu merupakan aplikasi e-commerce yang langsung menghubungkan langsung antara pembeli dan produsen sehingga memungkinkan penjualan barang dengan harga murah. Dalam platform ini, tidak ada lagi barang yang melalui reseller, affiliator, dan pihak ketiga yang akan berbahaya bagi UMKM. (cnn/hm18)

Related Articles

Latest Articles