20.2 C
New York
Thursday, August 15, 2024

Kinerja Pasar Keuangan Bakal Lebih Dipengaruhi Perang

Medan, MISTAR.ID

Kinerja pasar keuangan dalam sepekan ke depan tidak akan banyak dipengaruhi oleh banyak data ekonomi penting. Hal ini dikatakan Pengamat Ekonomi Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, Senin (28/2/22). Lanjutnya, inflasi di Indonesia diperkirakan akan mencetak deflasi menjadi data pembuka. Dampaknya terhadap kinerja pasar keuangan tidaklah begitu signifikan.

“Selanjutnya di akhir pekan ada data dari AS yakni ISM Non Manufacturing PMI. Dimana data ISM yang menggambarkan kinerja ekonomi disektor non manufaktur yang menjadi kabar penting penggerak pasar keuangan global. Data tersebut diperkirakan akan membaik. Seiring dengan data tersebut ada juga data ketenagakerjaaan AS dan data tingkat pengangguran. Kedua data itu diperkirakan memburuk,” kata Gunawan.

Pada dasarnya data-data tersebut mixed, pandangan Gunawan lagi besar kemungkinan tidak akan berpengaruh banyak bagi pasar keuangan global. Termasuk pengaruhnya terhadap kinerja IHSG dan Rupiah. Kalau mengacu kepada data-data ekonomi tersebut sepekan ke depan, IHSG dan Rupiah berpeluang bergerak mixed dengan kecenderungan naik.

Baca juga: Pasar Keuangan Masih Dibayangi Ketegangan Politik dan Peningkatan Covid-19

“Tetapi sayangnya, sentimen ekonomi tersebut diperkirakan tidak akan berpengaruh besar terhadap pasar keuangan. Pelaku pasar masih akan fokus pada perkembangan perang di Rusia dan Ukraina. Volatilitas di pasar keuangan akan sangat bergantung pada dinamika perkembangan di Ukraina,” jelasnya.

Meskipun sejauh ini pelaku pasar tidak begitu risau karena perang tidak meluas. Perang masih berkutat di wilayah Ukraina dan belum muncul kekhawatiran akan meluas dan memicu perang dunia ke tiga. “Tetapi pelaku pasar akan tetap berhati-hati dengan segala kemungkinan lain yang terjadi. Selama tidak ada kejutan baru, saya yakin IHSG dan Rupiah tidak akan beranjak jauh dari posisi penutupan akhir pekan sebelumnya,” pungkas dosen UISU ini. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles