26.2 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

Jelang Kebijakan Bunga Acuan BI, Pelaku Pasar Akan Berhati-hati

Medan, MISTAR.ID

Bank Indonesia (BI) akan menentukan besaran bunga acuannya pada perdagangan hari ini. Sekalipun bunga acuan diproyeksikan masih akan tetap sama. Kejutan juga bisa terjadi dimana BI menaikkan bunga acuannya.

Jika kebijakan tersebut diambil, maka besar kemungkinan pasar keuangan akan merespon positif kebijakan tersebut.

“Kinerja pasar keuangan pada hari ini akan lebih banyak mengandalkan sentimen teknikal. Dimana pasar akan lebih banyak dipengaruhi sentimen teknikal. Kinerja pasar keuangan di Asia akan menjadi acuan kinerja pasar keuangan di Tanah Air. Sejauh ini, sejumlah indikator menunjukan bahwa pasar keuangan di Asia diperdagangkan mendatar atau sideways,” kata Analis Keuangan Sumut, Gunawan Benjamin, Kamis (20/6/24).

Akan tetapi, sambung Gunawan waspadai potensi koreksi pada pasar saham seiring dengan potensi koreksi sejumlah bursa di asia. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan pagi ini mampu dibuka menguat di level 6.751.

Baca juga: Hari ini, IHSG dan Rupiah Menguat di Level 16.390 per US Dollar

“IHSG diproyeksikan akan bergerak dalam rentang 6.700 hingga 6.770 pada perdagangan hari ini. Sementara, mata uang Rupiah pada perdagangan pagi ini dibuka melemah di level 16.385 per US Dollar. Mata uang rupiah diproyeksikan akan berada dalam rentang 16.360 hingga 16.390 per US Dollar,” jelasnya.

Sementar itu, mata uang Rupiah masih kesulitan untuk menguat lebih jauh, karena pengaruh kebijakan Bank Sentral AS yang lebih bernada hawkish belakangan ini. Secara keseluruhan pasar akan lebih bersikap wait and see jelang keputusan BI pada hari ini.

“Disisi lain, harga emas ditransaksikan stabil di kisaran $2.330 per ons troy. Harga emas juga relatif tidak bergerak di tengah minimnya agenda ekonomi pada hari ini,” pungkasnya. (anita/hm20)

Related Articles

Latest Articles