11.9 C
New York
Tuesday, October 8, 2024

Indonesia Bakal Jadi Produsen Katoda Nomor 2 di Dunia, Jika Tiga Tambang Tembaga ini Beroperasi

Jumlah itu terdiri atas 1 juta ton yang berasal dari smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) dan 500.000 ton dari smelter PT Amman Mineral Internasional Tbk. (AMMN).

“Jadi ini tantangan bagi kita ke depannya, tapi juga jadi peluang baik buat Indonesia sehingga kita bisa menumbuhkan industri tembaga yang terkait tembaga di Indonesia. Di mana di masa itu dunia lagi sangat butuh tembaga dan kita sangat surplus,” jelas Rachmat.

Sementara itu, Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas mengatakan Indonesia bisa menjadi produsen katoda tembaga kedua terbesar di dunia jika ketiga cadangan tadi beroperasi.

Baca juga : Apakah Smelter dalam Industri ?

Dia memaparkan saat ini produsen katoda tembaga terbesar di dunia adalah China dengan produksi 12 juta ton per tahun. Kedua, Chili dengan 2 juta ton per tahun. Selanjutnya, Kongo dengan 1,9 juta ton pertahun dan yang keempat adalah Jepang dengan 1,5 juta ton per tahun.

“Coba bayangkan kalau seandainya Sumbawa Timur Mining beroperasi, Merdeka Copper Gold [Tambang Tujuh Bukit] beroperasi, Gorontalo [Gorontalo Mineral], kita bisa nomor dua terbesar di dunia dengan konsentrat dari dalam negeri,” sebut Tony. (bisnis/hm18)

Related Articles

Latest Articles