23.3 C
New York
Monday, August 5, 2024

Harga Cabai, Bawang Merah dan Tomat Masih Turun di Siantar

“Alhamdulilah, harga cabai turun, akhirnya bisa masak sambal lagi dengan tenang,” ujarnya.

Berdasarkan data dari Bank Indonesia Pematangsiantar harga bahan pokok di pematangsiantar kompak turun pekan ini. Penurunan yang signifikan ini menyumbang deflasi yang cukup dalam pada Juli 2024.

Menurut data Bank Indonesia (BI) Pematangsiantar harga komoditas cabai merah, bawang merah dan tomat yang kompak turun, memaksa Kota Pematangsiantar mengalami deflasi pada periode Juli 2024 sebesar 0,31 persen.

Adapun komoditas yang memiliki andil deflasi terbesar Kota Pematangsiantar antara lain, bawang merah 0,21 persen, cabai merah -0,20 persen, tomat -0,08 persen.

Baca juga: Harga Cabai Merah Turun, Sentuh Rp28.000 per Kilogram

Terjadinya deflasi khususnya pada penurunan harga cabai merah dan bawang merah disebabkan oleh faktor meningkatnya stok akibat panen raya cabai merah dan bawang merah di wilayah Simalungun dan sekitarnya.

Sementara itu, Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pematangsiantar laju inflasi Juli 2024 sebesar 2,37 persen. Secara bulanan, angka ini mengalami penurunan jika dibandingkan inflasi Juni 2024 yang tercatat sebesar 2,89 persen.

Penyumbang terbesar inflasi adalah kelompok pendidikan dengan inflasi sebesar 8,24 persen.

Inflasi di sektor kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 5,34 persen, kelompok kesehatan sebesar 4,83 persen.

Baca juga: Jual Minyakita di Atas HET, Pemko Siantar: Lapor ke Satgas Pangan

Sedangkan penyumbang inflasi lainnya ada di bidang makanan, minuman dan tembakau sebesar 2,54 persen, kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 2,33 persen dan kelompok transportasi sebesar 2,02 persen.

Related Articles

Latest Articles