14.7 C
New York
Monday, May 20, 2024

Gaji ASN Naik di 2024, Kebijakan Pemerintah Jaga Pertumbuhan Ekonomi

Medan, MISTAR.ID

Pemerintah telah memastikan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) naik 8% di tahun 2024. Ada kenaikan 12% untuk tunjangan pensiun.

Terlepas dari pro kontra kebijakan tersebut dari sudut pandang politik, kebijakan menaikkan gaji ASN pada dasarnya menumbuhkan harapan akan adanya motor penggerak untuk menjaga pertumbuhan ekonomi.

Hal ini dikatakan Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin, Minggu (24/9/23) bahwa kenaikan gaji ASN ini akan menjaga pertumbuhan ekonomi khususnya dorongan dari belanja rumah tangga.

Baca juga : Menkeu: Gaji ke-13 ASN Diberikan Mulai Juni 2023

“Seperti yang kita ketahui belanja rumah tangga masih menjadi motor penggerak paling besar pertumbuhan ekonomi di tanah air. Berkaca kepada realisasi pertumbuhan ekonomi nasional di kuartal kedua sebesar 5,17%,” ujarnya.

Disitu ada belanja masyarakat yang mengalami peningkatan yang didorong oleh Hari Raya Idul Fitri dan ada kebijakan dadakan cuti bersama saat perayaan Idul Adha. Disaat cuti bersama Idul Adha, diwaktu yang berbarengan ada pencairan gaji ke 13.
Alhasil ekonomi mampu tumbuh di kuartal kedua tahun ini, sekalipun terjadi perlambatan kinerja ekspor ditambah dengan situasi ekonomi global yang justru menunjukan kinerja buruk,” jelas Gunawan.

Related Articles

Latest Articles