23.8 C
New York
Monday, August 5, 2024

Ekonomi Sumut Triwulan II 2024 Tumbuh 2,94 Persen

“Adanya gaji ke 13 dan 14 itu terjadi pengeluaran di konsumsi rumah tangga, sehingga menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi di Sumut. Ditambah ada beberapa hari besar keagamaan pada long weekend yang turut menyumbangkan pertumbuhan pada beberapa subkomponen PKRT,” jelasnya.

Demikian juga Industri Pakaian Jadi pada triwulan II 2024 tumbuh 27,20% dibandingkan triwulan sebelumnya dan tumbuh 34,33% dibanding tahun sebelumnya (Survei IMK).

Fenomena sisi pengeluaran lainnya, kata Asim adanya komponen konsumsi Lembaga Non-Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT) meliputi peningkatan pada aktivitas lembaga keagamaan dan organisasi kemasyarakatan pada Idul Fitri dan Idul Adha.

Baca juga : Buka Pekan Inovasi dan Investasi, Pj Gubernur Sebut Ekonomi Sumut Semakin Berkembang

Selain itu juga adanya Waisak dan Kenaikan Isa Almasih tidak mampu mendorong pertumbuhan LNPRT karena penurunan aktivitas partai politik dibandingkan triwulan I-2024.

Sedangkan Komponen Konsumsi Pemerintah (PKP)  meliputi realisasi belanja pegawai dan belanja barang dan jasa dari APBD Provinsi/Kabupaten/Kota triwulan II-2024 meningkat dibandingkan triwulan dan tahun sebelumnya.

Sementara Komponen Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) juga menjadi fenomena sisi pengeluaran melalui realisasi belanja modal pemerintah naik, output konstruksi tumbuh positif dibandingkan dengan triwulan (q-to-q) maupun tahun sebelumnya (y-on-y).

Related Articles

Latest Articles