15.5 C
New York
Wednesday, October 2, 2024

Alami Tekanan Menjelang Akhir Tahun, Inflasi Siantar Masih Pada Level Terjaga

Selain itu, harga pembelian di tingkat penggilingan yang berada di atas harga pembelian pemerintah menyebabkan serapan dan pengendalian harga beras tidak dapat berjalan maksimal.

Namun, tekanan inflasi yang terjadi pada November 2023 dapat sedikit tertahan oleh terjadinya deflasi beberapa komoditas, seperti daging ayam ras (-15,01 persen mtm), ikan dencis (-16,59 persen mtm), dan tomat (-24,26 persen mtm) yang didukung oleh ketersediaan pasokan yang memadai.

Demikian siaran pers dari Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KaPw BI) Pematang Siantar, Teuku Munandar bernomor 25/1/Pms/SP/B tertanggal 1 Desember 2023 yang disampaikan oleh Asisten Direktur, Abdul Haris, pada Sabtu (2/12/23) petang.

Baca juga: Tekan Inflasi Jelang Nataru, Pemko Tebing Tinggi Gelar Pasar Murah 

Masih sesuai siaran pers. Meskipun inflasi Kota Pematang Siantar masih berada dalam level yang terjaga, potensi inflasi diprakirakan meningkat pada periode mendatang. Sebagaimana pola sebelumnya, pelaksanaan Natal dan Tahun Baru diprakirakan dapat mendorong terjadinya peningkatan permintaan oleh masyarakat.

Kondisi itu berdampak pada meningkatnya harga komoditas-komoditas utama. Untuk mengatisipasinya, beberapa upaya akan dilakukan, seperti pelaksanaan High Level Meeting (HLM) untuk penetapan pengendalian strategi inflasi, pelaksanaan sosialisasi belanja bijak, dan operasi pasar untuk pengendalian harga di Kota Pematang Siantar. (Ferry/hm20)

Related Articles

Latest Articles