6.2 C
New York
Tuesday, January 31, 2023

Tolak Pengesahan RKUHP Disambut Kawat Berduri, Massa Pasang Tenda di Gedung DPR

Jakarta, MISTAR.ID

unjukrasa menolak pengesahan RKUHP yang dilakukan Koalisi masyarakat sipil disambut dengan kawat berduri di depan Gedung DPR hari ini, Selasa (6/12/22).

Koalisi masyarakat sipil mulai berdatangan pukul 14.35 WIB. Mereka berkumpul di depan gedung DPR yang sudah dipagari oleh kawat berduri.

Setibanya di sana, mereka langsung melakukan aksi teatrikal dengan mendirikan tenda berwarna merah untuk berkemah. Mereka juga membawa sejumlah balon berbagai jenis karakter.

Baca juga:Demo Besar Tolak RKUHP, Mahfud MD tak Mau Bicara

Sebelumnya mereka juga telah melakukan aksi menolak pengesahan pada Senin (5/12). Menurut mereka RKUHP yang disahkan masih memuat pasal bermasalah dan dapat digunakan sebagai alat kriminalisasi rakyat.

DPR RI dan pemerintah diketahui telah mengesahkan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) menjadi undang-undang dalam rapat Paripurna yang digelar di kompleks parlemen pagi tadi.

Dengan demikian beleid hukum pidana terbaru itu akan menggantikan KUHP yang merupakan warisan kolonialisme Belanda di Indonesia.

Sementara itu Wakil Ketua DPR, Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan pihaknya untuk sementara tak akan menemui massa dari mana pun yang menggelar aksi unjuk rasa menolak pengesahan RKUHP.

Baca juga:17 Pasal Berpotensi Kekang Kerja Jurnalis, AJI Kota Medan Aksi Tolak RKUHP

Lodewjik ingin RKUHP berproses terlebih dahulu setelah disahkan di Paripurna menjadi undang-undang. Dia mempersilakan masyarakat melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi jika tak setuju undang-undang tersebut.

“Sementara tidak, karena kami sudah sahkan. Biar selanjutnya ini berproses. Kalo memang ada ketidakpuasan tentunya ada langkah-langkah hukum yang diambil, katakan ke Mahkamah konstitus,” kata Lodewijk di kompleks parlemen.

Hingga berita ini dipublikasikan, massa koalisi sipil masih menggelar aksi protes mereka terhadap KUHP di depan Gedung DPR. (cnn/hm06)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,690FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles