7.1 C
New York
Saturday, December 2, 2023

Soal Renovasi Stadion Teladan Berstandart Internasional, Ini Kata Pemerhati Olahraga

Medan, MISTAR.ID

Pemerhati Olahraga Sumatera Utara (Sumut) Indra Efendi Rangkuti mendukung renovasi Stadion Teladan yang digagas oleh Pemko Medan. Hanya saja, menurut dia, yang menjadi pertanyaan, Teladan ini mau dibuat berstandart internasional seperti apa.

“Misal, bisa menggelar pertandingan internasional itu sudah ada standart sesuai FIFA. Lalu jika ingin menggelar pertandingan nasional itu ada yang harus dipenuhi sesuai aturan PSSI,” ujarnya, Jumat (8/4/22).

Kemudian, kata Indra, konsepnya seperti apa. Apakah bisa memanfaatkan lahan yang ada atau harus dilakukan ekspansi lahan. Menurutnya, inilah yang masih ditunggu, karena Pemko Medan belum menjelaskan secara detail.

Menurut Indra, untuk mencapai label stadion berstandart internasional itu banyak yang harus dibenahi. Contoh kecilnya saja, saat ini Stadion Teladan belum memilik mic zone dan ruang pers yang layak.

Baca Juga:Stadion Teladan Medan Bakal Tambah 25 Ribu Kursi, Tempat Fitnes dan Ring Tinju

“Kemudian, ruang ganti pemain kurang memadai, begitu juga kamar mandi. Lalu jika menggelar pertandingan malam hari, penerangannya itu harus maksimal,” katanya.

Selain itu, yang harus diperhatikan lainnya yakni single shift. Sepengetahuan Indra, sekarang ini single shift di Stadion Teladan hanya ada di VIP. “Setahu saya, kalau stadion standart internasional itu harus memiliki 20.000 single shift,” sebutnya.

Kemudian, lanjut Indra, yang menjadi catatan yakni ruang wasit, ruang doping, ruang meeting dan harus memiliki lahan parkir yang luas. Sementara, sebut dia, saat ini parkir Stadion Teladan menggunakan jalan raya.

Baca Juga:Renovasi Stadion Teladan Berstandar Internasional, DPRD: Ingat PKL di Sana

“Hal Itu juga harus menjadi perhatian. Jangan sampai saat PSMS main, jalanan jadi macet. Mungkin bisa dibuat parkir bawah tanah atau seperti apa, inilah yang harus dipikirkan Pemko Medan,” katanya.

Kemudian, sambung Indra, banyaknya kantor di bagian depan Stadion Teladan juga harus ditertibkan. Selain itu, yang tak kalah penting lainnya yakni kualitas rumput juga harus dibenahi, jika ingin menjadikan Stadion Teladan berstandart internasional.

“Jika renovasi nanti berjalan lancar, yang harus diperhatikan juga aktivitas di stadion saat menggelar pertandingan jangan sampai mengganggu kegiatan, mengingat banyaknya rumah ibadah di sekitar stadion,” ujarnya.

Baca Juga:Stadion Teladan Medan bakal Dibangun Jadi Lapangan Standar Internasional

Indra kemudian berpesan, di dinding-dinding Stadion Teladan baiknya dipasang mural foto-foto legenda PSMS yang pernah memenangkan enam kali piala perserikatan, agar memberikan motivasi kepada para pemain ingin seperti itu.

“Jadi itu sebagai stimulus, agar pemain termotivasi saat menjalani pertandingan. Kita ingin renovasi ini juga membuat PSMS Medan kembali berprestasi di kancah nasional,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Stadion Teladan bakal dibangun dengan standar internasional dan nantinya akan menjadi icon baru Kota Medan. Bahkan, Wali Kota Medan Bobby Nasution berencana menjadikan home base PSMS Medan tersebut sebagai tempat tumbuhnya ekonomi kreatif.(ial/hm10)

Related Articles

Latest Articles