10 C
New York
Tuesday, February 7, 2023

Operasi Zebra Toba 2019, Puluhan Pelanggar Disidang di Tempat

Medan, MISTAR.ID – Puluhan pengendara yang terjaring Operasi Zebra Toba 2019 menjalani sidang tilang di tempat, di Taman Makam Pahlawan, Medan, Senin (4/11/19).

Kasatlantas Polrestabes Medan, AKBP Juliani Prihart kepada kru koran ini, mengungkapkan, para pengendara yang kedapatan melanggar tata tertib lalu lintas tersebut, langsung disidang di tempat, tanpa harus ke pengadilan.

“Dengan sidang di tempat, pelanggar lalu lintas tidak perlu repot harus datang ke pengadilan dan menunggu 15 hari untuk sidang. Tidak sampai 15 menit, tilang sudah dapat diproses oleh pengadilan,” kata Juli.

Selain memberikan efek jera dan menekan angka pelanggar, adanya sistem penyelesaian tilang dengan lebih cepat juga diklaim bisa menghidari praktik calo di persidangan.

Mayoritas pelanggar adalah pengendara motor. Mereka tidak membawa SIM dan STNK atau telat bayar pajak. Polisi sendiri bekerja sama dengan pengadilan, kejaksaan dan perbankan dalam menjalankan sidang di tempat.

Usai bersidang, para pelanggar langsung diarahkan membayar denda sesuai putusan persidangan ke pihak bank yang juga dihadirkan dalam operasi gabungan tersebut. “Untuk pihak perbankan, ini tujuannya agar memudahkan bagi pelanggar yang ingin langsung membayar dendanya dan bisa membayarnya langsung di tempat,” jelasnya.

Oleh karena itu, Juliani mengimbau kepada masyarakat agar mematuhi peraturan lalu lintas dan tertib dalam berlalu lintas. “Imbau kita kepada pengendaraan kendaraan agar mematuhi peraturan lalu lintas seperti rambu, marka jalan dan tertib administrasi. Tujuan ini untuk menekan kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.

Penulis : daniel
Editor : Manson

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,703FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles