9.6 C
New York
Sunday, March 3, 2024

5 Sampah Dapur yang Bisa Digunakan Langsung untuk Menyuburkan Tanaman Anda

MISTAR.ID-Bertanam selama pandemi mendadak menjadi tren dibanding sebelumnya. Sepetak kecil tanaman hijau atau kumpulan pot kecil bisa sangat membantu dalam menjaga ruang kerja di rumah tetap nyaman dan menenangkan.

Tapi tanaman juga butuh perawatan dan banyak yang kesulitan tentang jenis pupuk yang tepat untuk tanaman mereka. Padahal kita bisa menghasilkan pupuk alami dari dapur sendiri.

Sisa dan limbah dapur lainnya sering kali mengandung mineral dan komponen lain yang dapat membantu menyehatkan tanaman Anda. Berikut lima jenis pupuk yang bisa Anda temukan di rumah.

Baca Juga:Tampung Air Hujan untuk Tanaman Anda, Ini Manfaatnya

KULIT PISANG

Kaya akan potasium, kulit pisang dikatakan sebagai salah satu pupuk terbaik untuk tanaman Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan menguburnya di dalam tanah tanaman Anda atau dipotong dalam potongan-potongan kecil. Tambahkan air dan biarkan kulit pisang selama 24 jam. Air rendaman ini dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman Anda.

CANGKANG TELUR

Cangkang telur mengandung banyak kalsium , dan sering dikatakan sebagai solusi untuk gangguan hama, jamur dan gangguan pada tamanan Anda. Hancurkan cangkang telur dan taburkan secara merata di sekitar tanaman Anda.

AMPAS KOPI

Dikenal dapat mengubah pH tanah dan membuatnya lebih asam, ampas kopi disukai untuk pertumbuhan tanaman seperti mawar dan tomat. Setelah digunakan untuk menyeduh, taburkan langsung ke dalam pot atau rendam dalam air, lalu tuangkan ke tanaman Anda.

TEH HIJAU

Anda dapat menggunakan kantong teh hijau untuk membuat larutan ringan teh hijau. Satu kantong teh bisa digunakan untuk dua liter air. Gunakan ini secara teratur untuk menyiram tanaman Anda.

KULIT BAWANG

Dengan banyaknya bawang merah dan kulit bawang putih yang dihasilkan di dapur kita setiap hari, menggunakannya sebagai pupuk untuk tanaman juga dapat membantu mengurangi limbah dapur kita. Tambahkan kulit luar bawang bombay atau bawang putih kering (kira-kira segenggam) ke dalam satu liter air.

Setelah 3-4 hari, saring airnya dan encerkan larutan ini dengan satu liter air lagi. Kemudian, gunakan larutan ini untuk menyiram tanaman Anda. Kulit bawang bombay kaya akan potasium, kalsium dan zat besi, yang dapat membantu tanaman tumbuh kuat.(ToIHome&Garden/ja/hm10)

Related Articles

Latest Articles