5.4 C
New York
Monday, February 6, 2023

Waspada Lendir Berlebih di Paru-paru, ini Cara Simpel Membersihkan

Jakarta, MISTAR.ID

Lendir yang normal pada paru-paru sehat berfungsi untuk menangkap segala kotoran agar tidak menyebar ke seluruh tubuh. Namun, kamu harus berhati-hati jika kadarnya berlebihan. Akibatnya, seseorang bisa mengalami sejumlah masalah kesehatan yang mengganggu. Di samping obat-obatan medis, masyarakat bisa menerapkan cara alami untuk bersihkan lendir di paru-paru.

Kebanyakan kasus lendir paru-paru tidak berisiko membahayakan nyawa. Akan tetapi, kondisinya yang dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan masalah serius, seperti bronkitis, paru-paru basah, pneumonia, atau bahkan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK).

Alasan mengapa produksi lendir atau mukus di atas batas normal umumnya karena pola hidup tak sehat. Kebiasaan merokok dan paparan polusi adalah penyebab utama dari kasus ini. Akibatnya, muncul gejala-gejala mengkhawatirkan, seperti sesak napas dan batuk tak sembuh-sembuh.

Baca juga:Tips Bersihkan Lendir di Tenggorokan Tanpa Obat

Tidak hanya bergantung pada makanan, cara menghempaskan mukus atau lendir bisa dilakukan dengan tips berikut ini:

1. Minyak Esensial
Minyak esensial telah dipercaya sejak lama untuk melonggarkan pernapasan dan membantu mengencerkan lendir di paru-paru. Jenis bahan minyak esensial yang paling cocok untuk fungsinya tersebut adalah peppermint dan kayu putih.

Cara pakainya pun tidak susah. Masyarakat bisa menyiapkan diffuser atau semangkuk air hangat. Setelah itu, teteskan minyak esensial ke dalamnya dan campur hingga kedua cairan tersebut larut. Hirup uap selama 5-10 menit sampai pernapasan kembali lega. Selain itu, cara alternatif menggunakan minyak esensial adalah mengoleskannya ke dada secara rutin.

2. Batuk Terkontrol
Tidak seperti cara batuk pada umumnya, batuk terkontrol mengutamakan kestabilan otot dada dan perut untuk mengeluarkan lendir di paru-paru.

3. Latihan Pernapasan
Sebagian orang mungkin menganggap latihan pernapasan hanya sekadar cara merilekskan diri ketika tubuh lelah, tetapi cara ini juga diyakini membersihkan paru-paru secara alami lho. Ketika menarik dan menghembuskan napas dalam-dalam, paru-paru perlahan akan mengembang. Teknik manipulasi fisik ini dapat membuang lendir lengket dan melatih pergerakan otot paru-paru.

Baca juga:Awas! Ini 10 Tanda Penyakit Paru-paru yang Perlu Diwaspadai

4. Minum Banyak Air Putih
Tips yang paling sering direkomendasikan oleh para dokter dan terbukti ampuh adalah minum banyak air putih. Akan tetapi, masih sedikit orang yang menerapkan cara ini sehingga terlihat sepele. Air putih, terutama bersuhu hangat, dipercaya membersihkan saluran pernapasan dengan mengangkat lendir dan kotoran di paru-paru.

5. Humidifier
Cara lain untuk menghilangkan lendir di paru-paru adalah menggunakan humidifier atau alat pelembab udara. Sebab, udara atau lingkungan yang kering bisa memicu penumpukan dan penebalan dahak. Gunakan alat ini pada malam hari dan letakan di samping tempat tidur agar tidur lebih nyenyak dan napas akan terasa lebih longgar ketika bangun tidur.

6. Madu
Madu merupakan pemanis alami yang menghasilkan banyak manfaat, salah satunya meredakan batuk. Selain itu, madu dikenal sebagai ekspektoran alami dan antibakteri untuk menyembuhkan flu dan mengencerkan dahak membandel. Sebaiknya, gunakan madu murni tanpa tambahan pemanis ataupun pengawet.

Perlu diingat, cara alami untuk bersihkan lendir di paru-paru adalah cara alternatif. Jika batuk atau rasa tidak nyaman di dada tetap muncul segera periksakan diri ke dokter. (detik/hm06)

 

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,702FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles