25.7 C
New York
Monday, June 24, 2024

Wartawan Senior Salim Said Meninggal Dunia

Jakarta, MISTAR.ID

Wartawan senior dan tokoh perfilman Indonesia, Salim Said meninggal dunia. Mantan Duta Besar Duta Besar RI untuk Republik Ceko itu menghembuskan nafas terakhir di usia 80 tahun, setelah sempat dirawat di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Sabtu (18/5/24) malam.

Herawaty, istri Salim Said mengatakan, jasad suaminya akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Minggu (19/5/24) siang.

“Rencananya di Tanah Kusir, tadi saya bicara sama istrinya. Jasad almarhum segera dibawa pulang untuk disemayamkan di rumahnya di kompleks wartawan di Cipinang,” kata wartawan senior Ilham Bintang yang juga sahabat Salim Said.

Ilham mengaku sempat menjenguk Salim Said beberapa hari yang lalu saat dirawat di RS Cipto Mangunkusumo. Ilham menyebut Indonesia kini kembali kehilangan putra terbaiknya. Ilham mengenang sudah lama bersahabat dengan Salim.

Baca Juga : Dilantik Jadi Kades di Batu Bara, Wartawan Senior Ini Diupa-upa Wappress

“Ini sahabat saya ini, senior saya, guru saya sekaligus. Dia sudah jadi nama besar sebagai wartawan,” kenang dia.

Profil singkat

Salim lahir di sebuah desa bernama Amparita, sebuah wilayah yang pada saat masa Hindia Belanda merupakan bagian dari Afdeling Parepare (saat ini menjadi bagian dari Kabupaten Sidenreng Rappang).

Ia pernah menjadi redaktur Pelopor Baru, Angkatan Bersenjata, dan redaktur majalah Tempo (1971-1987). Sebagai anggota dari Dewan Film Nasional dan Dewan Kesenian Jakarta, ia sering berpartisipasi dalam diskusi tentang film, sejarah, sosial dan politik Indonesia dalam tingkat nasional maupun internasional. (dtc/hm24)

 

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles