1.5 C
New York
Thursday, December 7, 2023

Mural kuil Tao terbesar di China akan dipugar

China| MISTAR.ID – Proyek pemugaran mural Istana Yongle, yang dibuat pada masa Dinasti Yuan (1271-1368), akan diluncurkan pada 2020 mendatang, demikian disampaikan otoritas setempat pada Sabtu (2/11).

Istana Yongle, kuil Tao terbesar di China yang dibangun pada masa Dinasti Yuan, terletak di Wilayah Ruicheng di Yuncheng, sebuah kota di Provinsi Shanxi, China utara. Total area mural yang dilestarikan di sana lebih dari 1.005 meter persegi.

Di antara banyak lukisan mural di istana tersebut, lukisan-lukisan “Pengadilan Surgawi” (Chaoyuan tu), yang juga dikenal sebagai “Galeri Oriental”, merupakan yang paling tersohor. Dengan panjang 97 meter dan tinggi 4,4 meter, mural ini menampilkan 290 tokoh Tao.

Para pekerja telah menyelesaikan pengumpulan data digital mural-mural tersebut, memantau dan menganalisis suhu, kelembapan dan tingkat karbon dioksida lingkungan sekitarnya sebelum memulai proses pemugaran, tutur Xi Jiulong, yang menjabat kepala di institut riset pelestarian mural Istana Yongle di Shanxi.

“Pemugaran akan melibatkan proses pembersihan dari kotoran burung, debu, dan jaring laba-laba di bagian permukaan, serta memperbaiki kerusakan,” ujar Xi. “Gaya dan warna asli mural akan dipertahankan.”

Kini, pemerintah setempat sedang berupaya keras membangun Istana Yongle menjadi daya tarik pariwisata kelas satu dalam kurun waktu lima tahun. Pemugaran mural-mural tersebut merupakan salah satu langkah yang perlu dilakukan.

Pemugaran ini diperkirakan akan rampung dalam tiga tahun ke depan, kata Xi. Selesai

Sumber: Antara
Editor: Luhut Simanjuntak

Related Articles

Latest Articles