6.2 C
New York
Tuesday, January 31, 2023

China Tak Lagi Jadi Negara Berpenduduk Terbanyak di Dunia, Ini Penyebabnya

Jakarta, MISTAR.ID

Sebuah laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa menyebutkan bahwa China kini tidak lagi menjadi negara yang memiliki penduduk terbanyak. Ternyata dalam laporan PBB itu, populasi India akan mengalahkan China pada 2023 mendatang. Ini akan menjadikan Negeri Hindustan itu sebagai negara dengan populasi terbanyak di dunia.

“Tahun 2023 adalah ketika India kemungkinan akan melampaui China sebagai negara terpadat di dunia,” tulis Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB, Senin (11/7/22).

Ini bukan tanpa sebab. Di 2021 saja, populasi India hanya kalah tipis dari China, 1,412 miliar versus 1,426 miliar. Angka ini diyakini akan semakin meningkat hingga 2050.

Baca juga:4 Pesawat Pengebom China dan Rusia Terbang Bersama di Atas Perairan Dekat Jepang

Selain itu, pertumbuhan penduduk per tahun di India sendiri cukup tinggi. Dalam data Worldometers, pertumbuhan penduduk negara itu menyentuh di atas 1% per tahunnya. Ini lebih cepat dari China yang rata-rata menyentuh 0,3 hingga 0,4% per tahun.

Sementara itu, PBB menyebut penghuni bumi akan mencapai 8 miliar di 15 November ini. Namun hal ini disebutkan menjadi skema pertumbuhan terlambat sejak 2015

Menurut lembaga global itu, seharusnya penduduk bumi bisa mencapai 8,5 miliar pada 2030 dan 9,7 miliar pada 2050, lalu pada titik 10,4 miliar orang pada 2080-an hingga stabil sampai 2100.

Namun Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyebut bahwa pertumbuhan penduduk ini harus disikapi dengan bijak. Pasalnya semakin banyak populasi maka semakin banyak juga tantangan yang akan dihadapi dunia.

Baca juga:Mantan Presiden China Jiang Zemin Wafat

“Ini adalah kesempatan untuk merayakan keragaman kita, mengakui kemanusiaan kita bersama, dan mengagumi kemajuan dalam kesehatan yang telah memperpanjang rentang hidup dan secara dramatis mengurangi angka kematian ibu dan anak,” ujarnya.
(cnbc/hm06)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,690FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles