25.2 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

6 Cara Mudah Melatih Pikiran Anjing

Jakarta, MISTAR.ID

Sama seperti manusia, anjing bisa bosan dengan rutinitasnya sehari-hari. Jika bosan, anjing bisa memperlihatkan perilaku destruktif dan mengeluarkan energi negatifnya pada hal-hal lain, seperti furnitur kita.

Nah untuk itu, ada baiknya kita selalu membuat anjing tertantang secara mental dan terus-menerus mengekspos anjing pada hal-hal baru agar anjing tak mudah bosan. Berikut ini, ada beberapa cara kreatif untuk merangsang pikiran anjing agar tidak bosan dan bertingkah laku buruk, seperti dilansir dari Cesarsway.

Ajari trik baru

Setiap kali melatih anjing, kita bisa memberinya tantangan mental. Carilah trik baru untuk dikerjakan. Jika siap, periksa buku, cari di internet, dan mintalah ide dari pelatih untuk trik baru dan ide pelatihan. Salah satu pemilik anjing, Sara Hicks, mengatakan bahwa anjingnya, Vince, menjadi lebih baik setelah dia mendaftarkannya di sekolah kepatuhan.

Baca Juga:AS Uji Coba Robot Anjing Penjaga Perbatasan

“Sekarang pada hari-hari di mana saya melatihnya dengan trik baru dan semacamnya, saya perhatikan temperamennya lebih tenang. Menantangnya secara mental membuatnya tidak cemas, Vince menjadi lebih santai di sekitar anjing lain. Vince adalah bukti bahwa anjing tua pasti bisa mempelajari trik baru,” ujar Sara.

Bermain dengan permainan interaktif atau mainan

Berikan anjing salah satu dari banyak mainan yang membuat kita dapat menyembunyikan camilan dan benda di dalamnya, serta libatkan anjing untuk mencari tahu cara mengatasinya.

“Ini terdengar konyol, tetapi saya membeli permainan papan yang saya lihat di toko untuk bermain bersama anjing saya, Snickers. Saya meletakkan camilan di bawah mainannya dan dia harus mencari tahu mana yang harus diangkat untuk menemukan di mana camilan itu berada,” ujar pemilik anjing lainnya, Donna Marr.

Baca Juga:Diet yang Tepat untuk Anjing yang Mengalami Obesitas

“Ada versi lain di mana saya menutupi camilan dengan potongan plastik ini dan Snickers harus memutar papan untuk mendapatkan camilan. Itu benar-benar menantangnya dan saya melihat otaknya bekerja sangat keras untuk mencari tahu semuanya,” lanjutnya.

Jalankan tugas dengan bersama anjing

Berlari ke kotak surat, singgah di rumah teman, atau berputar-putar di tempat cuci mobil akan membuat anjing berhadapan langsung dengan berbagai stimulan.

Beri anjing pekerjaan yang harus dilakukan

Anjing dibiakkan untuk menyelesaikan tugas-tugas seperti berburu dan menggembala. Jadi ketika anjing tidak dapat memenuhi jenis tugas ini, anjing bisa gelisah. Untuk mencegahnya gelisah, libatkan anjing dalam berbagai permainan atau berolahraga. Ajak anjing berjalan-jalan, mendaki, atau berenang, dan temukan pekerjaan yang sesuai dengan jenis anjing kita.

Baca Juga:Kenali 5 Fakta Menarik Mengenai Anjing Chow-Chow

Jika memiliki anjing retriever, misalnya, tidak ada yang lebih memuaskan daripada permainan lempar tangkap yang menyenangkan.

Perkenalkan anjing ke wajah baru

Setiap kali anjing bertemu dengan orang baru atau sesama anjing, perkenalkanlah anjing pada pemandangan, suara, dan aroma baru untuk diendus. Membawa anjing ke tempat-tempat seperti taman anjing akan memberinya banyak kesempatan untuk melibatkan indranya.

Berikan anjing mainan baru dan perbaiki jadwal rotasinya

Kita tidak ingin bermain dengan hal yang sama setiap hari bukan? Nah karena itu, seharusnya kita tidak mengharapkan anjing untuk terus menyukai mainan yang sama. Namun, beri anjing mainan untuk bermain selama beberapa hari dan ketika dia bosan, ganti dengan yang lain.

“Moogly punya banyak mainan tapi tetap saja bosan. Itu konyol! Saya terus-menerus membawa mainan baru ke dalam rumah tetapi dia memiliki rentang perhatian yang pendek sehingga mereka hanya menghiburnya untuk sementara waktu,” ujar Katie Adam, pemilik anjing. (kompas/hm14)

Related Articles

Latest Articles