8.5 C
New York
Thursday, April 18, 2024

Women from Rote Island, Kisah Perjuangan Perempuan Melawan Diskriminasi

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Film ini menceriakan tentang satu keluarga di Pulau Rote yang menghadapi diskriminasi dan sejumlah dilema, hanya karena mereka terlahir sebagai perempuan.

Kisahnya menceritakan perjalanan perempuan bernama Martha, seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI), yang pulang ke kampung halaman untuk menghadiri pemakaman sang ayah. Dalam perjalanan tersebut, Martha juga harus menghadapi trauma akibat kekerasan seksual yang pernah dialaminya.

Baca juga: Sejumlah Film Dianggap Memanipulasi Promo Melalui Trailer

Sedangkan ibunya, Orpa, juga harus menghadapi realitas kekerasan dalam kehidupan mereka. Ia dan kedua anak perempuannya juga harus berjuang mendapatkan keadilan dari kekerasan dan diskriminasi yang mereka alami.

Trailer Film Women from Rote yang diproduksi Bintang Cahaya Sinema dan Langit Terang Sinema ini sudah bisa ditonton. Memperlihatkan keindahan sinematografi yang penuh makna dari Pulau Rote.

Sutradara Jeremias Nyangoen mengungkapkan, Women from Rote Island bukan hanya sekedar film tetapi juga memiliki narasi penting yang mengangkat isu-isu pelecehan seksual dan kekerasan terhadap perempuan dan laki-laki.

Ia berharap, film ini dapat menggerakkan hari masyarakat untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik.

“Semoga trailer ini bisa menjadi awal mula menggerakkan banyak hati penonton, nantinya banyak yang akan menonton ke bioskop,” kata Jeremias dalam keterangan tertulis yang diterima Mistar.id, Jumat (2/2/24).

Ia melanjutkan, Women from Rote Island diharapkan dapat menggugah banyak orang dengan isu-isu yang diangkat dalam film tersebut.

Baca juga: Despicable Me 4 Rilis Trailer

Film ini, kata Jeremias, dibintangi para pemain berbakat, seperti Van Jhoov, Linda Adoe, Irma Rihi, dan Sallum Ratu, yang asli dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Akting mereka, lanjutnya, patut diacungi jempol, dan menambah daya tarik dari film ini.

Sejak premiere di A Window On Asian Cinema Busan International Film Festival pada 7 Oktober 2023, film ini terus mengumpulkan apresiasi, yakni Film Terbaik Festival Film Indonesia 2023.

Selain itu, fiml ini juga memenangkan tiga kategori prestisius yaitu, Aktris Utama Pilihan (Merlinda Dessy Arantji Adoe), Sutradara Pilihan (Jeremias Nyangoen), dan Film Pilihan Tempo di Festival Film Tempo 2023.

“Capaian ini semakin mempertegas bahwa Women from Rote Island bukan sekadar film biasa, melainkan sebuah karya yang berhasil menarik perhatian dan menginspirasi,” tutupnya. (Gideon/hm22)

Related Articles

Latest Articles