16 C
New York
Wednesday, April 17, 2024

Bripda Putri dan Segudang Prestasi Taekwondo, Selalu Dapat Support dari Pimpinan di Polda Sumut

Medan, MISTAR.ID

Polda Sumatera Utara bisa berbangga karena memiliki seorang atlet taekwondo yang sudah banyak meraih gelar juara.

Dia adalah Bripda Putri Rusdayani. Polisi Wanita (Polwan) yang lahir 2 Mei 2000 tersebut saat ini bertugas sebagai Staf Pribadi Pimpinan (Spripim) Polda Sumatera Utara. Atlet asal Kabupaten Deli Serdang ini telah mencetak sederet prestasi kejuaraan taekwando.

Gadis berusia 22 tahun ini kenal dengan olahraga taekwondo pada tahun 2013. Ia dikenalkan oleh ayahnya bernama Rustam Effendi yang juga mantan atlet taekwondo. Putri kerap diajak ayahnya menonton pertandingan dan ke lokasi latihan taekwando. “Awalnya (ayah) hanya mengajak saya ke pertandingan-pertandingan dan ke tempat latihan-latihan. Lama-lama saya jadi suka dan ingin mencoba,” aku Putri.

Baca Juga:1.300 Atlet Taekwondo Bertanding di Piala Wali Kota Medan

Sejak itu, anak pertama dari dua bersaudara ini mulai menggeluti dunia taekwando. Tahun 2013 itu juga Bripda Putri mulai berlatih dan mulai ikut kejuaraan. “Dan kejuaraan pertama saya juga saat usia saya 13 tahun dan mendapatkan mendali perunggu,” sebut Putri.

Sejak mulai berlatih, ayahnya yang saat ini menjadi pengurus taekwando di Kabupaten Deli Serdang mendukung sang putri untuk menggeluti olahraga beladiri itu. “Orangtua sangat mendukung, beliau tidak memaksa saya untuk mengikuti jejaknya,” ucap Putri.

Selama menggeluti olahraga ini, hal yang sangat menarik baginya ketika namanya dipanggil pada kejuaraan yang dimenangkannya. “Hal yang sangat menarik adalah ketika nama saya dipanggil pada kejuaraan-kejuaraan yang saya menangkan,” aku dia.

Baca Juga:50 Atlet Taekwondo MIMAC Siantar Diberangkatkan ke Piala Wali Kota Medan

Namun anak buah Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak ini juga sering kecewa terhadap dirinya apabila gagal meraih juara dalam suatu pertandingan. “Kecewa terhadap diri sendiri pernah, kalau gagal dalam pertandingan,” ungkapnya.

Alumni SMA Swasta Mulia Medan ini memiliki motivasi meraih gelar kejuaraan taekwando sebanyak-banyaknya. Dan bisa mengharumkan nama Polda Sumut ke mancanegara. “Mencari prestasi dan pastinya bisa banggakan kedua orangtua saya,” akunya.

Wanita yang berkediaman di Jalan Pasar Kecil No 94 Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, ini melihat perkembangan taekwando di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara, sangat baik. “Kemudian atlet-atlet yang berpotensi juga sekarang sudah banyak. Bisa mewakili Sumatera Utara bahkan Indonesia pada event-event nasional maupun internasional,” sebut anak dari Leni Handayani ini.

Baca Juga:Atlet Taekwondo USU Raih Medali Emas di Ajang Internasional

Putri mengaku kalau pimpinan Polda Sumatera Utara sangat mendukung dirinya dalam mengembangkan bakat di bidang olahraga. “Mendukung, memberikan support kepada para atlet, bukan saya saja, bahkan atlet-atlet lainnya yang berada di Polda Sumut,” sebut wanita yang selalu memakai kerudung ini.

Meski sibuk menjalan tugas utamanya sebagai anggota Polri, Bripda Putri Rusdayani tetap meluangkan waktunya untuk latihan taekwondo. “Apabila ada waktu luang saya menyempatkan diri untuk berlatih mandiri. Kalau waktu tidak menentu, apabila ada waktu luang saja,” ucapnya.

Berikut mendali yang pernah didapat Bripda Putri Rusdayani:

  1. Juara I Open Tournament Tritech Cup 2015
  2. Juara I Piala Kapolres Asahan 2016
  3. Juara I dan Pemain Terbaik Junior Putri) Open Tournament Komando Cup 2017
  4. Juara I dan Pemain Terbaik Junior Putri Piala Gubernur Sumatera Utara tahun 2017
  5. juara III Kejuaraan Nasional Taekwondo 2017 Ambassador Korea Cup Road to Asean Games
  6. Juara I dan Pemain Terbaik Senior Putri Piala Gubernur Sumatera Utara tahun 2018

Baca Juga:Ketua KONI Medan Semangati Atlet Taekwondo

Pendidikan

  1. SDN 106786 Sei Semayang (2012)
  2. SMP Negeri 1 Sunggal (2015)
  3. SMA Swasta Mulia Medan (PPLP Sumut) (2018).(saut/hm15)

Related Articles

Latest Articles