7.2 C
New York
Friday, April 19, 2024

Transaksi Produk Konstruksi Indonesia di Sydney Tembus 4 Juta Dolar AS

Sydney, MISTAR.ID

Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) Sydney bekerja sama dengan Atase Perdagangan KBRI Canberra mengikuti pameran produk konstruksi Sydney Build Expo 2023, Australia pada 6-7 Maret 2023 dengan potensi transaksi senilai 4 juta dolar AS.

“Produk konstruksi Indonesia yang ditampilkan empat perusahaan di pameran Sydney Build Expo 2023 berhasil mencatatkan potensi transaksi sebesar 4 juta dolar AS dan diperkirakan terus meningkat. Gencarnya pembangunan infrastruktur di Australia merupakan peluang besar bagi Indonesia,” kata Kepala ITPC Sydney Christhophorus Barutu melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat waktu setempat.

Produk konstruksi Indonesia yang ditampilkan dalam pameran tersebut adalah PT Cellcius Indoperkasa, PT Graha Adhi Jaya Abadi, PT Alexindo, dan PT Dharma Sumber Nusantara.

Baca Juga: Nias Utara Mulai Ekspor Kelapa Segar ke Tiongkok

PT Cellcius Indoperkasa menampilkan produk berupa sandwich panel, aluminium heat insulation barrier, dan FRP roof; PT Graha Adhi Jaya Abadi menampilkan produk FRP molded grating, roof, tank, rectangular chemical pond, dan customized order, serta GRP/FRP pipe.

PT Alexindo memamerkan produk aluminium window and door dan semi-finished good aluminium; dan PT Dharma Sumber Nusantara menampilkan hasil produksinya yaitu engineered timber door, floor, dan table top, serta plywood/blockboard.

“Sydney Build Expo 2023 rupanya banyak yang tertarik dengan produk aluminium ekstrusi, sandwich panel, timber door, roofing, dan grating. Ketertarikan tersebut juga salah satunya karena produk Indonesia diharapkan dapat menjadi alternatif untuk menggantikan produk konstruksi yang selama ini dipasok dari RRT dan Rusia,” kata Christhophorus.

Baca Juga: Erick Thohir Sebut Bauksit Indonesia 90% Diekspor ke China

Menurut Christhophorus, Australia saat ini tengah fokus pada pembangunan infrastruktur, seperti jalan raya, jalan tol, rel kereta api, rel kereta metro, pelabuhan, dan bandara.

Beberapa proyek besar yang sedang berjalan dan akan dimulai pembangunannya, antara lain Jalan Tol WestConnex, Sydney Metro Public Transport Project, Western Sydney Airport (NSW); Kwinana Container Port (WA); Darwin Port (NT), dan Melbourne Metro Tunnel (VIC).

“Keikutsertaan Indonesia dalam pameran Sydney Build Expo 2023 diharapkan dapat menjadi peluang untuk memperkuat kehadiran Indonesia di pasar konstruksi dan bangunan Australia. Diprediksi pasar konstruksi dan bangunan Australia akan mengalami pertumbuhan pesat pada beberapa tahun mendatang,” kata Christhophorus.

Baca Juga: Nilai Ekspor Sumut Turun 3,41 Persen Didominasi Produk Kimia

Atase Perdagangan Canberra Agung Haris Setiawan mengatakan, isu berkelanjutan menjadi salah satu fokus dari Sydney Build Expo 2023. Australia telah mengalami bukti nyata dari perubahan iklim, yakni kebakaran hutan pada tahun 2019-2020 lalu dan banjir Australia bagian timur pada tahun 2022.

“Dengan target net zero emission pada tahun 2050, kami mengamati bahwa fokus Australia akan terus tetap pada mitigasi melalui solusi seperti matahari, angin, hidrogen, dan penangkapan karbon (carbon capture),” ujar Agung.

Pada kesempatan tersebut, para exhibitor Indonesia melakukan konsultasi kepada lembaga sertifikasi standar produk konstruksi yang berada di Sydney Build Expo 2023. Hal ini dilakukan untuk memenuhi standar produk melalui sertifikasi yang diakui di Australia.

Baca Juga: Rusia Sebut Ekspor Pertaniannya Terhalang Sanksi Barat

“Banyak pengunjung pameran yang tertarik dengan produk Indonesia. Namun, konsumen Australia sangat memperhatikan sertifikasi, sehingga produk kami harus memenuhi dan memiliki Australian Certification Standard untuk bangunan dan konstruksi,” kata salah satu exhibitor Paviliun Indonesia Mindjojo.

Berdasarkan data ITPC Sydney pada 2022, total nilai ekspor produk konstruksi dari Indonesia ke Australia tercatat sebesar 662 juta dolar AS. Produk wood and articles of wood kode HS 44 masih menjadi produk unggulan Indonesia dengan total ekspor sebesar 243 juta dolar AS dan meningkat sebesar 1,05 persen dibanding tahun sebelumnya.

Produk copper and articles kode HS 74 mengalami peningkatan signifikan, yaitu sebesar 388 persen pada 2022 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.(antara/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles