9.4 C
New York
Thursday, March 28, 2024

Setelah Singapura, Ini Empat Negara ASEAN yang Rentan Terkena Resesi

Jakarta, MISTAR.ID

Lembaga riset Internasional Morgan Stanley menyebut ada 4 negara di kawasan Asia Tenggara yang rentan tertular resesi seperti Singapura. Siapa saja mereka, ini dia.
1. Thailand

Menurut Morgan Stanley, negara di kawasan Asia Tenggara yang akan terjerat resesi menyusul Singapura adalah Thailand. Maklum, Thailand sudah mencatatkan pertumbuhan ekonomi minus pada kuartal I 2020.

Tercatat, pertumbuhan ekonomi Thailand minus 1,8 persen pada tiga bulan pertama tahun ini. Sementara Filipina minus 0,2 persen.

Pada kuartal II 2020, laju ekonomi Thailand diramal jatuh lebih dalam ke minus 10 persen.

Morgan Stanley menilai kejatuhan ekonomi terjadi karena Negeri Gajah Putih itu sangat mengandalkan sektor perdagangan dan pariwisata. Kedua sektor itu menjadi yang paling terpukul akibat pandemi virus corona atau covid-19 saat ini.

Baca juga: Media Politico AS Ramal RI Selamat dari Resesi Ekonomi Corona

“Mereka adalah ekonomi yang lebih berorientasi ekspor. Mereka akan dipengaruhi oleh perkembangan eksternal hingga tingkat yang lebih besar,” ungkap Morgan Stanley dalam laporan bertajuk Asia Economic Mid Year Outlook 2020, dikutip Rabu (15/7/20).

Baca juga: Bahaya! Resesi Mengancam Malaysia

Morgan Stanley memperkirakan ekonomi negara dengan ibu kota di Bangkok itu akan minus 2 persen pada kuartal III dan minus 0,6 persen pada kuartal IV 2020.

2. Filipina

Menyusul Thailand, Filipina masuk ke dalam daftar negara yang rentan terjangkit resesi. Sebab, sejak kuartal pertama 2020, negara yang dipimpin Duterte ini telah mencatatkan minus 0,2 persen.

Morgan Stanley memproyeksikan pada kuartal II 2020, Filipina anjlok sampai minus 14 persen bahkan terus negatif hingga akhir tahun.

Ekonomi Filipina disebutnya akan minus 4,5 persen pada kuartal III dan minus 0,5 persen pada kuartal IV 2020.

Di antrean ketiga, terdapat Malaysia. Namun, proyeksi mereka, Malaysia baru terjerat resesi pada kuartal III 2020. Sebab, pertumbuhan ekonomi Malaysia masih 0,7 persen pada kuartal I 2020.

Pada kuartal II 2020, Morgan Stanley memperkirakan ekonomi Malaysia minus 13 persen. Lalu pada kuartal III 2020, Negeri Jiran akan minus 6 persen.

Bayang-bayang pertumbuhan negatif pun diramal akan betah sampai kuartal IV 2020. Pada periode tersebut, ekonomi Malaysia diramal minus 1,6 persen.

4. Indonesia

Selain ketiga negara itu, resesi Singapura juga diperkirakan akan menjalar ke Indonesia.

Mereka memperkirakan ekonomi Indonesia akan menyentuh minus 5 persen pada kuartal II 2020 atau lebih dalam dari ramalan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang hanya 4,3 persen.

Pada kuartal selanjutnya yaitu Juli-September, perekonomian Tanah Air diramal membaik meski masih minus 1,5 persen. Kemudian, pada kuartal IV ekonomi Indonesia mereka ramal minus 0,5 persen.

Secara keseluruhan, Morgan Stanley memperkirakan ekonomi negara-negara Asia Tenggara yang sebesar 1,2 persen pada kuartal I 2020 akan jatuh ke minus 8,9 persen pada kuartal II 2020. Kemudian, minus 3,3 persen pada kuartal III dan minus 0,8 persen pada kuartal IV 2020. (cnn/hm06)

Related Articles

Latest Articles