7.5 C
New York
Friday, April 19, 2024

Porang Padang Sidempuan Berpotensi Jadi Komoditas Ekspor Sumut

Medan, MISTAR.ID

Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Belawan berusaha meningkatkan komoditas ekspor pertanian khususnya porang dengan melakukan bimbingan teknis kepada petani tanaman porang di Padang Sidempuan Sumatera Utara (Sumut).

Padang Sidempuan yang berada di Kabupaten Tapanuli Tengah merupakan daerah pengembangan baru budidaya tanaman porang di Sumut. Disamping kondisi tanah yang sesuai, juga pemerintah daerah setempat sangat mendukung sehingga penanaman porang di daerah ini sudah mencapai seluas 60 ha.

ā€œSelama ini porang asal Sumut sudah diekspor ke mancanegara dan banyak dibudidayakan di Kabupaten Tapauli Tengah dan Tapanuli Selatan. Sementara budidaya porang di Padang Sidempuan ini merupakan pengembangan baru, untuk itu perlu dukungan dari pemerintah daerah dan kerjasama dengan petani serta pelaku usaha yang sinergis supaya produk porag meningkat baik kuantitas maupun kualitas sehingga pasar dapat terus berkelanjutan,ā€ ungkap Hasrul, Kepala Karantina Belawan melalui keterangan tertulisnya (31/12/2020).

Baca juga:Ā Petani Porang Sumut Bakal Dapat Bantuan Bibit

Berdasarkan data Karantina Pertanian Belawan tercatat fasilitasi ekspor porang selama tahun 2020 sebanyak 861 ton ton dengan nilai ekonomis Rp 19,1 miliar yang diekspor ke negara China, Thailand, Vietnam dan Jepang.

Menurut Hasrul, pihaknya juga akan terus mendorong porang Padang Sidempuan ini menjadi komoditas ekspor dengan memberikan bimbingan teknis kepada petani tanaman porang seperti yang rutin dilakukan selama ini di tempat lain dimana tanaman porang dibudidayakan. Hal ini dilakukan untuk pemenuhan persyaratan sanitari dan fitosanitari, sesuai yang dipersyaratkan negara tujuan ekspor.

Lebih lanjut Hasrul menjelaskan bahwa Walikota Padang Sidempuan, Irsan Efendi sangat mendukung kegiatan bimbingan teknis kepada petani porang, serta memberikan apresiasi kepada Karantina Pertanian Belawan. Besar harapannya dengan adanya kerja sama dengan Karantina Pertanian Belawan, porang ini akan berkembang supaya ada food estate porang di Padang Sidempuan, serta bisa dijadikan ekspor dengan menggandeng wilayah Tapanuli Bagian Selatannya lain.

Pacu Potensi Ekspor

Secara terpisah, Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Ali Jamil menyebutkan bahwa sejalan dengan tugas strategis yang diberikan Mentan SYL untuk mengawal Gratieks supaya ekspor komoditas pertanian meningkat dimana produk lokal yang sudah memiliki pasar ekspor harus dipacu atau didorong supaya bisa ekspornya berkelanjutan dan meningkat secara kuantitas maupun kualitas.

Baca juga:Ā Umbi Porang Sumut Laris Manis di Luar Negeri

Demikian juga produk lokal yang selama ini hanya dilalulintaskan secara antar area bisa dipacu jadi komoditas ekspor misalnya komoditas porang. ā€œini adalah tugas kami untuk melakukan pendampingan dan akan terus mendorong pelaku usaha meningkatkan kemampuan produksi dan kualitas produknya, tukas Ali Jamil. (Anita/mistar)

 

Related Articles

Latest Articles