10.7 C
New York
Wednesday, April 24, 2024

Pemkab Dompu Manfaatkan Tol Laut Kirim Sapi ke Jawa

Mataram, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, memanfaatkan tol laut guna mengirim sapi potong ke Pulau Jawa, terutama untuk kebutuhan hewan kurban yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

“Pengiriman sapi potong yang dilakukan melalui jalur tol laut merupakan implementasi dari program Jarapasaka,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Dompu, Muhamad Abduh, dalam keterangan resmi yang diterima di Mataram, Senin.

Jarapasaka merupakan singkatan dari jagung, porang, padi, sapi dan ikan yang merupakan program unggulan Pemerintah Kabupaten Dompu dan tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

Muhamad menyebutkan sebanyak 550 ekor sapi potong sudah dikirim lewat jalur tol laut menggunakan kapal khusus angkutan ternak Cemara Nusantara di Pelabuhan Calabai, Kecamatan Pekat, pada Selasa (23/5/23).

Sebelumnya, pengiriman sapi potong ke Pulau Jawa juga dilakukan melalui jalur darat dengan menggunakan 13 truk tronton. Jumlah sapi potong yang dikirim sebanyak 336 ekor.

Baca juga : Jumlah Ternak Sapi di Simalungun Terus Meningkat Setiap Tahun

Dengan adanya pengiriman sapi potong tersebut, pihaknya berterima kasih kepada para peternak dan pengusaha yang telah bekerja sama mendukung proses pengiriman ternak ruminansia, khususnya untuk kebutuhan saat Idul Adha.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja sama yang baik dari semua pihak, peternak, pengusaha, pengelola Pelabuhan Calabai dan juga berbagai pihak lainnya dalam upaya pengiriman sapi potong keluar daerah,” ujarnya.

Data Disnakeswan NTB tercatat kuota pengiriman sapi potong ke luar daerah untuk Kabupaten Dompu sebanyak 6.000 ekor pada 2023. Kuota tersebut merupakan bagian dari total kuota untuk semua kabupaten/kota di NTB, sebanyak 43.000 ekor pada 2023. (Antara/hm19)

Related Articles

Latest Articles