18.9 C
New York
Thursday, April 25, 2024

Pemerintah Pastikan UMKM Kuasai Pasar Domestik dan Global

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM), Teten Masduki mengatakan, pemerintah memastikan UMKM bakal menguasai pasar domestik dan global. Oleh sebab itu kedepan harus dikembangkan menjadi bagian dari industri.

Menurut Teten, selain UMKM, peran koperasipun sama pentingnya dan harus berkembang serta berkelanjutan. “Ekosistem yang sudah dibangun tersebut, mencakup kemudahan berusaha, akses kepada pembiayaan, akses kepada teknologi industri yang modern,” ujarnya Senin (29/5/23).

Sehingga, sambung Teten, hingga 40 persen alokasi belanja pemerintah membeli produk UMKM. Kemudian, koperasi dapat dijadikan sebagai instrumen untuk mendorong pelaku UMKM naik kelas.

Baca juga : MenKopUKM: RI Butuh Banyak Wirausaha Dari Mahasiswa

“Caranya, dengan mengonsolidasikan usaha-usaha kecil. Sehingga mereka bisa memiliki skala usaha yang masuk dalam skala ekonomi,” tuturnya.

Teten juga berharap, program seperti ini tetap dilanjutkan pada pemerintahan mendatang. Ia tidak ingin UMKM tertinggal disektor-sektor ekonomi marjinal yang berteknologi rendah.

“Kita harus menyiapkan UMKM menjadi backbone ekonomi nasional yang bisa menyediakan lapangan kerja berkualitas. Saya akan mendesain sekecil apapun UMKM agar bisa diindustrialisasi dikemudian hari,” imbuhnya. (KBRN/hm19)

 

Related Articles

Latest Articles