7.5 C
New York
Friday, April 19, 2024

BI Buka Penukaran Uang Rupiah Baru, ini Lokasi dan Jadwalnya di Siantar & Simalungun

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Dalam rangka pemenuhan kebutuhan Uang Rupiah dan memberikan layanan penukaran kepada masyarakat periode Ramadhan dan Idulfitri 2023, Bank Indonesia (BI) melaksanakan SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idulfitri) tahun 2023.

Kick Off SERAMBI secara nasional oleh Deputi Gubernur BI, Aida S Budiman, telah dilaksanakan di Jakarta pada hari Senin, 20 Maret 2023 dengan tajuk Belanja Bijak.

SERAMBI hadir untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat guna memastikan tersedianya Uang Rupiah dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai, tepat waktu, dan dalam kondisi yang layak edar sebagai wujud meningkatnya awareness masyarakat dengan Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah.

Baca Juga:KPwBI Siantar-Simalungun Tinjau Pasar Menjelang Ramadhan, Ini Hasilnya

Pada tahun 2023, Bank Indonesia telah mengalokasikan distribusi kebutuhan Uang Rupiah sebesar Rp195 triliun (naik 8,22 persen secara tahunan) dibandingkan realisasi tahun 2022 sebesar Rp180 triliun.

Tersedia 5.066 titik layanan penukaran yang tersebar di seluruh Indonesia. Secara spasial untuk wilayah Sumatera Utara, rencana penarikan uang kartal oleh perbankan dalam menyambut Ramadan dan Idul Fitri 2023 diperkirakan mencapai Rp6,55 triliun.

Sama halnya dengan Kantor Perwakilan BI lainnya, BI Pematang Siantar juga telah menyiapkan uang Rupiah untuk memenuhi kebutuhan perbankan dan masyarakat yang berada di wilayah kerjanya yakni SISIBATASLABUHAN yang terdiri Pematang Siantar, Simalungun, Batubara, Tanjungbalai, Asahan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, dan Labuhanbatu Selatan.

Diperkirakan kebutuhan uang Rupiah di momen Ramadhan dan Idul Fitri 2023 kali ini mencapai Rp3,11 triliun, atau meningkat 19 persen dibanding realisasi tahun 2022 (Rp2,62 triliun). Untuk memenuhi kebutuhannya, masyarakat dapat menukarkan uang Rupiah di sejumlah loket penukaran yang disediakan perbankan di wilayah kerja BI Pematang Siantar.

Baca Juga:BI Siantar Ungkap Data Temuan Uang Palsu di Depan Jaksa

Di Kota Pematang Siantar, BI bekerjasama dengan perbankan menyediakan layanan penukaran uang berupa Kas Keliling Bersama (KKB) dengan jam layanan pukul 09.00-12.00 WIB yang dilaksanakan di Lapangan Parkir Pariwisata (Tugu Becak) Jalan Merdeka.

Tidak hanya itu, dalam rangka memberikan layanan optimal kepada masyarakat yang ingin menukarkan uang Rupiah, BI Pematang Siantar membuka loket penukaran uang di halaman kantor BI dan kegiatan kas keliling (kas mobil).

Berikut titik layanan dan jadwal kegiatan penukaran uang Rupiah selama bulan Ramadhan yang dilaksanakan BI Pematang Siantar:

1.Pasar Horas: 30 Maret dan 6 April 2023 dengan Kas Mobil BI

2.Pasar Parluasan: 31 Maret, dan 5 April 2023, Kas Mobil BI

3.Megaland: 3 April 2023, Kas Mobil BI

4. Perdagangan: 4 April 2023, Kas Mobil BI

5.Beringin: 10 April 2023, Kas Mobil BI

6. Tanah Jawa: 11 April 2023, Kas Mobil BI

7.Lapangan Parkir Pariwisata (Tugu Becak): 10,11,12,13,17,18, April 2023, dilayani BI dan Perbankan

8. Halaman Parkir Kantor BI Pematang Siantar: 14 April 2023, Kas Mobil BI

Selanjutnya BI senantiasa mengimbau agar masyarakat melakukan penukaran uang Rupiah di loket resmi layanan penukaran Bank Indonesia dan Perbankan.

Baca Juga:HUT ke-75 Koperasi, Kepala BI Siantar Bongkar Permasalahan Utama UMKM

Hal ini untuk memastikan keaslian dan kelayakan Rupiah yang diterima sekaligus menghindari kejahatan peredaran uang palsu di masyarakat.

“Sejalan dengan semangat Paham Rupiah, kepada masyarakat diminta untuk selalu Berbelanja Bijak selama Ramadhan dan Lebaran dengan tidak berbelanja dan mengkonsumsi barang secara berlebihan,” tutup Kepala Perwakilan BI Pematang Siantar, Teuku Munandar melalui rilis persnya, pada Selasa (28/3/23).(ferry/hm01)

Related Articles

Latest Articles