28.3 C
New York
Sunday, July 14, 2024

Tim Mahasiswa Indonesia Raih Emas di Kompetisi Internasional IPITEX 2024

Jakarta, MISTAR.ID

Tim mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) berhasil memenangkan kompetisi International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition (IPITEX) 2024 yang diselenggarakan oleh Indonesia Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) dan National Research and Council of Thailand (NRCT) di Bangkok, Thailand mulai 2-6 Februari 2024.

Pada kompetisi tersebut, tim mahasiswa terdiri dari Anasah Zulfah, Ririn Nur Mahmudah, dan Atsir Alma Dinisa dari Fakultas Keperawatan (FKP). Kemudian Revita Novianti Putri dan Marcella Aurelia Yatijan dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST), serta Jazilul Qutbi dan Diaz Samsun Alif dari Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) berhasil meraih medali emas.

Ketua tim Anasah Zulfah mengatakan, peserta kompetisi tersebut terdiri dari sivitas akademika mulai dari tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga mahasiswa dari berbagai negara di ASEAN.

“Kompetisi tersebut mengusung 8 tema inovasi yakni kesehatan, industri, agrikultur, energi dan lingkungan, konstruksi dan bangunan, pendidikan, teknologi informasi, dan manufaktur,” ujar Anasah dikutip dari laman resmi Unair, Jumat (16/2/24).

Baca Juga : Kisah Ratu Sakinatul, Diterima di Unair Jalur SNMPTN 2022 di Usia 14 Tahun

Anasah mengatakan, IPITEX juga turut mengundang kelompok sasaran dalam pengembangan sains dan teknologi seperti para pengusaha, investor, produsen, distributor, dan sektor korporat.

“Dalam kompetisi itu, kita membawa inovasi berupa jam tangan pintar atau smartwatch pendeteksi diabetes bernama Smartose,” ungkapnya. (kc/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles