34.5 C
New York
Wednesday, July 17, 2024

Kompetisi Sains Madrasah 2024 Tingkat Kabupaten/Kota Diikuti 109.609 Siswa

Jakarta, MISTAR.ID

Sebanyak 109.609 siswa mengikuti Kompetisi Sains Madrasah 2024 Tingkat Kabupaten/Kota yang digelar pada 1-3 Juli 2024. Jumlah itu terdiri atas 33.619 siswa MA, 38.801 siswa MTs, dan 37.189 siswa MI.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama (Kemenag), M Sidik Sisdiyanto mengatakan, KSM digelar setiap tahun untuk mengembangkan minat bakat siswa madrasah terhadap Sains. Kompetisi digelar mulai dari tingkat madrasah, kabupaten/kota, provinsi hingga nasional menggunakan Computer Based Test (CBT).

“Pelaksanaan KSM ini tersebar di 1.339 titik lokasi pada masing-masing kabupaten/kota,” ujar Sidik dilansir, Kamis (4/7/24).

Sidik mengatakan, pelaksanaan KSM tingkat kabupaten/kota berjalan lancar dan baik. Dia juga mengapresiasi Tim IT Kesiswaan yang telah mempersiapkan segala sesuatunya, baik software maupun hardware.

Baca Juga : Ikuti Kompetisi Sains Madrasah, Peserta Mulai Siswa Kelas 4

Doktor Manajemen Pendidikan itupun meminta pelaksanaan KSM baik tingkat provinsi maupun nasional dikoordinasikan dan dipersiapkan matang dengan berbagai pihak. “Koordinasi dengan berbagai pihak untuk pelaksanaan KSM, persiapkan dengan sebaik mungkin. Saya berharap pelaksanaan KSM ini hasilnya mendapatkan Kurasi dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresna)” tegasnya.

Kasubdit Kesiswaan KSKK Madrasah Imam Bukhori selaku leading sector pelaksanaan KSM menambahkan, KSM 2024 dilaksanakan dengan persiapan matang. Sebelumnya, sudah dilaksanakan uji coba CBT di seluruh titik lokasi untuk memastikan kesiapan jaringan dan kemampuan server.

“Kita juga sudah mengadakan sosialisasi bersama seluruh proktor di kabupaten/kota untuk melakukan mitigasi demi meminimalisir risiko pada saat pelaksanaan CBT. Untuk mendukung pelaksanaan CBT ini, helpdesk nasional ditempatkan di salah satu hotel di kawasana Tangerang Selatan” ungkap Imam. (mci/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles