11.3 C
New York
Tuesday, April 16, 2024

Kejar Cuan Penting, Jaga Keseimbangan Hidup juga Sangat Penting

MISTAR.ID
Bekerja menjadi salah satu upaya memenuhi kebutuhan hidup. Namun tidak sedikit yang menjadikan pekerjaan segalanya hingga terkadang ia lupa. Ada yang dengan alasan mencapai tujuan karir, memperoleh banyak harta atau alasan lainnya hingga ia bisa disebut workaholic.

Tapi yang namanya bekerja juga ada batasan. Jangan sampai keasyikan bekerja bikin kamu lupa pada diri sendiri. Padahal hidup harus diisi dengan hal bermakna.

Oleh karena itu, kamu harus memiliki keseimbangan hidup atau work life balance. Bekerja keras boleh, tapi kamu juga harus ingat pada diri sendiri. Ada kalanya diri sendiri juga ingin dihargai dan diperhatikan. Lagi pula menjaga work-life balance itu tidak susah, kok. Kamu bisa terapkan 3 tips berikut.

Baca juga:Hati-hati Burnout Menyerang si ‘Gila’ Kerja

1. Tetapkan prioritas pekerjaan

Memasuki lingkungan kerja, kamu harus siap menyambut rangkaian pekerjaan yang tiada habisnya. Kadang belum selesai, sudah muncul tugas lain yang harus diselesaikan. Padahal keseimbangan hidup harus dijaga agar tetap stabil. Jangan sampai terlalu semangat bekerja bikin kamu tidak peduli pada diri sendiri.

Menjaga keseimbangan hidup atau work-life balance itu tidak susah, kok. Salah satu tipsnya dengan menetapkan prioritas. Tentukan mana pekerjaan yang penting dan harus segera diselesaikan. Dengan begini, seluruh waktumu tidak habis untuk bekerja.

2. Istirahatlah saat sudah lelah

Menjadi seorang pekerja keras sudah pasti melelahkan. Kamu tidak hanya mengalami fisik yang letih. Tapi pikiran dan mental juga butuh diistirahatkan. Secepat mungkin kamu harus memiliki kepedulian akan hal tersebut. Jangan sampai rasa lelah dibiarkan begitu saja.

Mengistirahatkan diri saat sudah lelah bekerja menjadi tips menjaga keseimbangan hidup. Baik kehidupan pribadi maupun urusan dunia kerja sama-sama tidak ada yang terbengkalai. Kamu tetap bisa bekerja keras dan diri sendiri pun tidak kelelahan baik dari segi fisik maupun mental.

3. Sempatkan me time

Keseimbangan hidup atau work-life balance harus diperhatikan. Bagaimanapun juga, kehidupan yang condong sebelah itu tidak baik. Jangan sampai kehidupan pribadi dan urusan dunia kerja tidak bisa sejajar. Kamu harus berlatih sejak sekarang untuk menyeimbangkan kehidupan.

Baca juga:5 Keistimewaan Seorang Introvert di Tempat Kerja

Tidak susah, salah satu tips yang bisa diterapkan yakni me time. Habiskan waktu dengan memedulikan diri sendiri. Kamu bisa menekuni hobi yang disukai atau memanjakan diri dengan aktivitas santai dan menenangkan.

Hidup yang bahagia ketika work life balance terjaga. Selain kepentingan dunia kerja, kamu juga punya urusan pribadi yang patut diperhatikan.

Ketika work life balance terjaga, hidup terasa indah dan nyaman dijalani. Jadi mulai sekarang kamu bisa menerapkan 3 tips di atas untuk menciptakan keseimbangan hidup. (suara/hm06)

Related Articles

Latest Articles