6.2 C
New York
Tuesday, January 31, 2023

Ini Tips Atasi Mimpi Buruk

Washington, MISTAR.ID
Mimpi buruk dapat merusak pola tidur jika dibiarkan. Bahkan, mimpi buruk akan mengganggu kesehatan.

Jika gambaran dari mimpi buruk itu terus menghantui, maka kondisi itu disebut dengan gangguan mimpi buruk. Kondisi ini biasanya akan menimbulkan rasa takut saat hendak tidur dan bisa memicu mimpi menakutkan lainnya.

Namun, studi terbaru menemukan ‘obat’ untuk mengatasi mimpi buruk. Studi menemukan bahwa memainkan suara dalam memori seseorang dikaitkan dengan hasil positif selama fase rapid eye movement (REM).

Baca Juga:Liverpool Hadapi Mimpi Buruk

Kondisi ini menurunkan risiko mimpi buruk hingga empat kali selama terapi dasar.

Studi ini mengikutsertakan 36 orang peserta dengan gangguan mimpi buruk. Kesemuanya diminta untuk menjalankan imagery rehearsal therapy (IRT). Konsep ini dilakukan dengan ‘membuat ulang’ mimpi dengan cara yang lebih positif.

Sebanyak 18 orang di antaranya mendapatkan intervensi suara piano saat mencoba membuat ulang mimpinya. Sementara, 18 lainnya tidak mendengarkan suara apa pun.

Baca Juga:Richarlison Menangis: Mimpi Jadi Kenyataan

Hasilnya, studi yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology ini menemukan bahwa suara memberikan efek pada fase REM sebagaimana dijelaskan di atas.

“Perkembangan ini menjanjikan. Tampaknya menambahkan suara yang tepat selama tidur REM menambah efek IRT yang merupakan standar terapi yang digunakan saat ini,” ujar Timothy Morgenthaler, pemimpin studi dari American Academy of Sleep Medicine.

Baca Juga:Pemimpin Taiwan: Konflik Bersenjata dengan China Bukan Pilihan

Tak cuma itu, terapi juga ditemukan dapat mengurangi suasana hari dan kualitas tidur.

Selain itu, kelompok yang mendengarkan suara piano itu juga melaporkan pengalaman mimpi yang lebih menyenangkan dibandingkan kelompok lain.

Namun demikian, penelitian lanjutan perlu dilakukan untuk memverifikasi hasil studi tersebut.(cnn/hm10)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,690FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles