22.9 C
New York
Thursday, June 13, 2024

5 Negara yang Banyak Penduduknya Tidak Menikah

Jakarta, MISTAR.ID

Krisis populasi penduduk terjadi di berbagai negara. Tentu saja ini menjadi kekhawatiran bagi pemerintah seperti di Jepang dan China. Karena tingkat pernikahan di sebuah negara juga berperan sebagai tolak ukur laju pertumbuhan ekonomi.

Pada dekade ini semakin hari banyak orang yang memutuskan untuk lebih fokus mengejar karier daripada menikah dan mengurus keluarga. Ini tentu menjadi sorotan pemerintah untuk menggenjot angka kelahiran yang terus menurun.

Berikut ini 5 negara yang penduduknya banyak tidak menikah dan tidak ingin memiliki anak

1. Korea Selatan
Korea Selatan menjadi salah satu negara di Asia yang memiliki tingkat pernikahan rendah di dunia.

Data yang dilansir dari Strait Times, tingkat pernikahan Korsel anjlok hingga 40 persen pada 2023. Sekitar 193.673 pasangan yang menikah di tahun itu.

Angka tersebut turun dibandingkan 2013 yang mencapai 322.807 pasangan. Penurunan itu disebabkan salah satunya karena pergeseran norma-norma sosial.

Sekitar satu dari tiga warga Korsel yang memiliki pandangan positif terhadap pernikahan.

Baca juga:Ruben Onsu Angkat Bicara Perihal Isu Perpecahan Pernikahannya

2. China
Populasi China dikabarkan mengalami penurunan angka pernikahan selama dua tahun berturut turut. Hal itu terjadi ketika angka kelahiran dan kematian melonjak saat Pandemi COVID-19.

Dilansir dari Reuters, penurunan angka pernikahan berdampak pada laju pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

“Seperti yang telah kita amati berulang kali di negara-negara dengan tingkat kesuburan rendah, penurunan kesuburan seringkali sangat sulit untuk diperbaiki,” ujar ahli demografi Universitas Michigan, Zhou Yun.

Banyak warga China yang merasa ogah berkeluarga dan membesarkan anak. Salah satu penyebabnya karena terlalu nyaman berkarier di dunia kerja.

Related Articles

Latest Articles