18.6 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Lewati Pos Penyekatan, Seorang Warga Medan Dikarantina di Siantar

Pematangsiatar, MISTAR.ID

Seorang wanita warga Medan terpaksa harus dikarantina di rumah singgah Covid-19 Kota Pematangsiantar yang ada di Jalan Sisisngamangaraja Kecamatan Siantar Sitalasari, Jumat (14/5/21).

Wanita berusia 19 tahun itu akan dikarantina di rumah singgah selama 5 x 24 jam. Seperti disampaikan Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pematangsiantar, Daniel Siregar, saat dikonfirmasi Mistar.

“Tadi pagi sekitar jam 10.00 wib, wanita itu bersama dengan 4 orang keluarganya naik mobil hendak melewati pos penyekatan II yang ada di Jalan Asahan perbatasan Kota Pematangsiantar dengan Kabupaten Simalungun,” tuturnya.

Baca Juga: Update Covid-19 Siantar Per 13 Mei: Warga Terpapar Bertambah 9 Orang

Sebelum lewat, kata Daniel, pihak Dinas Kesehatan yang ada di pos penyekatan itu melakukan swab anti gen terhadap mereka.

“Hasilnya, satu dari lima orang anggota keluarga itu dinyatakan positif, 4 orang lainnya negatif,” ungkapnya.

Mengetahui hasil itu, lanjut Daniel, wanita tersebut diserahkan ke Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pematangsiantar untuk dikarantina sesuai dengan Intruksi Menteri Dalam Negeri (In-Mendagri).

“Sesuai In-Mendagri, warga itu akan dikarantina selama 5 x 24 jam,” ujarnya.

Baca Juga: Update Covid-19 Siantar: Warga Terpapar Kembali Bertambah 5 Lagi

Saat ditanya dari mana datanganya warga Medan tersebut sehingga harus melewati pos penyekatan di Jalan Asahan, dari Pekan Baru.

“Katanya mereka dari Pekan Baru, tapi mungkin karena ada keluarganya di Siantar, mereka tidak langsung ke Medan lewat dari Tebing,”kata Daniel.Pada kesempatan itu, Lebih lanjut, Daniel mengatakan bahwa, jumlah warga Kota Pematangsiantar yang terkonfirmasi positif Covid-19 cenderung bertambah jumlahnya. Untuk itu, Daniel kembali mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

“Belakangan ini, setelah dilakukan tracing, warga kita yang terpapar Covid-19 semakin bertambah. Satu-satunya cara untuk menghindari penyebaran Covid-19 adalah dengan mematuhi prokes, dan kalau memang tidak ada hal yang penting, sebaiknya tidak usah keluar rumah,” tandasnya.(Ferry/hm13)

 

Related Articles

Latest Articles