19.4 C
New York
Thursday, October 3, 2024

DPRD Samosir Kunjungi Situs Batu Marlangkop

Samosir | MISTAR.ID – Konon ceriteranya di Kecamatan Simanindo Desa Pardomuan dulu bernama Kenegerian Lontung ada nama perkampungan Pagar Batu. Disana ada Batu Marlangkop (batu bertutup) yaitu liang ataupun goa yang diyakini masyarakat setempat sebagai peninggalan bersejarah.

Menurut salah seorang penduduk setempat, Rabu (22/1/20) Restauli boru Situmorang ( 60) kepada rombongan DPRD Samosir saat berkunjung ke situs perkampungan Pagar Batu, terakhir dihuni Marga Situmorang pada tahun 1972.

“Ada yang datang ke situs ini untuk penelitian pada tahun 2011, mereka menggali tanah dan membawanya, kami tak mengetahui lagi kelanjutannya,” tutur Ristauli.

Ia juga berharap, kiranya DPRD dapat membawa pembangunan ke desa itu, khususnya dalam pembenahan situs Batu Marlangkop ini agar bisa dibenahi dan direvitalisasi, kelakarnya.

Ditambahkannya, di lokasi ini ada batu tempat air untuk menyuci kaki, karena sebelum masuk ke perkampungan Pagar Batu konon harus dibersihkan dulu kaki. Katanya mengisahkan sejarah perkampungan Pagar batu.

Restuli Situmorang yang bersuamikan marga Sidabutar itu pun berpesan kepada Rismaty Simarmata, Paham Gultom dan Harri Jono Situmorang (PDIP) Pantas Lasidos Limbong ( PKB) Parluhutan Samosir ( Demokrat) Jonner Simbolon dan Pantas Marroha Sinaga (Nasdem) agar membawa aspirasinya, kiranya situs perkampungan Pagar Batu dibangun dan dibenahi pemerintah.

Kepada warga, Jonner Simbolon mengakui mengagumi keindahan perkampungan itu. “Untung saja ada pak Paham Gultom anggota DPRD Samosir, kami diberitahu ada situs disini dan kami diajaknya berkunjung ke sini,” terangnya singkat.

Ia minta warga setempat harus sepakat dan sependapat supaya pembenahan ataupun revitalisasi situs Pagar Batu dapat terealisasi. “Sabar sajalah dulu, kami DPRD Samosir akan mengupayakannya ke pemerintah,”katanya.

Pantas Marroha Sinaga yang dikenal pencinta budaya dan situs-situs bersejarah itu mengatakan, situs budaya dan situs sejarah harus dilestarikan, ditata dan dijaga estetika dan keasriannya, agar menjadi tujuan wisata.

Keenam anggota DPRD itu pun secara bergantian masuk ke goa Batu Marlangkop itu dipandu Restauli boru Situmorang.

Penulis: Pangihutan

Editor: Edrin

Related Articles

Latest Articles