20.1 C
New York
Thursday, October 10, 2024

Pilkada 2020, Ini Harapan Pemko kepada KPUD dan Bawaslu

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Menjelang pelaksanaan Pilkada Kota Pematangsiantar, pihak Pemko Pematangsiantar yakni Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar acara Coffe Morning, Kamis (26/11/20).

Dalam kegiatan yang digelar pada salah room hotel di seputaran Jalan WR Supratman Kecamatan Siantar Barat itu, Wakil Wali Kota Pematangsiantar Togar Sitorus menyampaikan harapannya kepada KPUD dan Bawaslu setempat.

“Kita ketahui pada 9 Desember 2020 akan dilaksanakan perhelatan demokrasi di seluruh Indonesia yaitu Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah serentak,” tutur Togar dalam bimbingan dan arahannya sebelum membuka acara tersebut.

Baca juga: 185.269 Surat Suara Pilkada Siantar Dicetak

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, lanjut Togar, pelaksanaan Pilkada tahun 2020 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena berpedoman kepada Peraturan KPU nomor 6 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pilkada Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Non Alam Covid-19.

“Mari kita bersama-sama mengingatkan masyarakat untuk tetap melaksanakan peorokol kesehatan terutama saat pelaksanaan pilkada nantinya, dengan tetap mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak,” beber Togar yang kemudian menyampaikan harapannya kepada KPUD dan Bawaslu Kota Pematangsiantar.

“Kepada KPUD Kota Pematangsiantar agar kiranya memberikan pemahaman yang seluas-luasnya kepada masyarakat tentang tahapan pelaksanaan Pilkada di Kota Pematangsiantar. Demikian halnya dengan Bawaslu Kota Pematangsiantar agar kiranya juga menyampaikan pemahaman tentang potensi pelanggaran dan kecurangan pada pelaksanaan Pilkada,” katanya.

Setelah dibuka Togar, acara berlanjut dengan menghadirkan nara sumber Ketua KPUD Kota Pematangsiantar Daniel MD Sibarani dan Nanang Wahyudi Harahap dari Bawaslu Kota Pematangsiantar. Acara berjalan dimoderatori Jalatua Hasugian.

Baca juga: Calon Tunggal Pilkada Siantar dan Ancaman Kolom Kosong

Sebelumnya, Kepala Badan Kesbangpol Kota Pematangsiantar Sofie M Saragih yang dikonfirmasi sebelum kegiatan Coffee Morning Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Partai Politik dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) itu dimulai, ia menyebut kegiatan itu adalah silaturahmi.

“Harapannya melalui kegiatan ini kita memperoleh kesamaan persepsi untuk mendukung pelaksanaan Pilkada Kota Pematangsiantar berjalan dengan baik dan lancar. Kita sama-sama bergandengan tangan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tuturnya.

Acara dihadiri Ketua DPRD Timbul M Lingga, Wakapolres Kompol Dolok Panjaitan, Kapten (Inf) Prawoto mewakili Dandim 0207/Simalungun, Plh Sekda Pardamean Silaen, BAS Faomasi Jaya Laia mewakili Kajari dan utusan Partai Politik beserta tokoh agama dan tokoh masyarakat. (ferry/hm09)

Related Articles

Latest Articles