14.7 C
New York
Wednesday, October 2, 2024

Wow! Kepala Pembuat Vaksin Jadi Orang Terkaya di China, Segini Kekayaannya

Beijing, MISTAR.ID
Sebelum menjadi pengusaha, Zhong Shanshan merupakan kepala pembuat vaksin di Apotek Biologi Beijing Wantai.

Perusahaan tersebut pun IPO tahun ini dan membuat kekayaan Shanshan meningkat. “Anda biasanya mengharapkan orang nomor satu di China datang dari teknologi,” kata Rupert Hoogewerf, Kepala Perusahaan Riset Kekayaan Hurun Report.

Zhong Shanshan menggeser posisi orang terkaya di China, pendiri Alibaba Jack Ma. Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index, Jumat (25/9/20), kekayaan bersih Shanshan telah mencapai US$58,7 miliar, melebihi kekayaan Jack Ma sebesar US$56,7 miliar.

Baca Juga:Ini Jumlah Kekayaan Elon Musk Terbaru, Menjadikannya Orang Terkaya Keempat di Dunia

Dikutip dari CNN Business, tidak hanya menggeser Jack Ma, Shanshan pun berhasil mengalahkan pendiri Tencent Pony Ma.Berbeda dengan Jack Ma dan Pony Ma yang moncer karena perusahaan teknologi, Shanshan merupakan pendiri air minum kemasan Nongfu Spring.

Sebelum menggeser Jack Ma, Shanshan sudah menduduki orang terkaya nomor 3 di China. Posisi ini dia dapatkan setelah perusahaannya melantai di bursa Hong Kong.

Shanshan terkenal sebagai pengusaha yang tertutup dan rendah hati, jika dibandingkan dengan bos bisnis terkenal di China lainnya. Sifatnya ini membuat dia terkenal dengan julukan ‘lone wolf’.

Baca Juga:Orang Terkaya RI Manipulasi Saham Di Singapura

“Dia tidak diketahui memiliki banyak teman pengusaha. Dia hanya menjalankan usahanya sendiri,” kata Hoogewerf. Sebelum menjadi orang terkaya di China, rekam jejak Shanshan dinilai mengesankan. Dia menjadi salah satu dari sedikit orang yang berhasil membangun dua bisnis senilai US$10 miliar sekaligus.

Awal tahun ini, China sudah menjadi rumah bagi sebagian besar miliarder dunia. Hampir lebih banyak dari gabungan orang kaya asal Amerika Serikat dan India.

Menurut perhitungan Bloomberg, perkiraan kekayaan bersih Shanshan adalah US$20 miliar bulan lalu. Posisi yang dia ambil dari Jack Ma rabu lalu menunjukkan ia telah melipatgandakan kekayaannya hanya dalam hitungan pekan.(cnn/hm10)

Related Articles

Latest Articles