8.1 C
New York
Monday, October 28, 2024

Sukseskan Program Pangan, Dinas Perikanan Sumut Harapkan Tambahan Anggaran

Medan, MISTAR.ID

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyatakan perlunya ada tambahan anggaran guna mensukseskan program prioritas dari Presiden RI, Prabowo Subianto yakni swasembada pangan.

Seperti yang diketahui, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Sakti Wahyu Trenggono optimis program ekonomi biru mampu membawa sektor kelautan dan perikanan menjadi penopang ketahanan pangan.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas (Kadis) Kelautan dan Perikanan Sumut, Hamdan Sukri Siregar berharap adanya anggaran yang cukup khususnya dalam hal menjaga kekayaan laut di Sumut.

“Harapan kita anggaran pengawasan sumber daya kelautan yang cukup. Tentunya keberlanjutan program tersebut dengan menjaga keseimbangan ekonomi dan pengelolaan alam yang baik,” ujarnya kepada Mistar.id, Senin (28/10/24) siang.

Baca juga: Pj Gubsu Fatoni Ajak Pemuda Berkontribusi dalam Pembangunan

Menurut Hamdan, anggaran untuk menjaga kekayaan laut di Sumut saat ini masih sangat kurang. Dirinya menyebut untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya banyak berkolaborasi dengan berbagai pihak.

“Menurut saya sangat kurang (anggaran). Salah satunya (permasalahan). Selama ini kami melaksanakan dengan keterbatasan anggaran. Kolaborasi dengan instansi lainnya. KKP, kepolisian, TNI AL, Kabupaten dan Kota serta Kelompok Masyarakat,” ungkapnya.

Dirinya berharap agar program di sektor kelautan dan perikanan bisa terus menjadi prioritas khususnya di Pemerintahan yang baru. Hamdan berharap juga berharap agar tata kelola dan regulasi bisa berjalan dengan baik.

“Harapannya sektor kelautan dan perikanan makin menjadi sektor yang penting dan dapat menopang ekonomi di Indonesia. Dengan Tata kelola perikanan dan kelautan yang baik. SDM pengelola yang baik. Pelaksanaan pengelolaan tidak tumpang tindih dan aturannya,” pungkasnya. (iqbal/hm25)

Related Articles

Latest Articles