8.9 C
New York
Monday, October 28, 2024

Prabowo Disebut Akan Fasilitasi Menteri dengan mobil Maung buatan Pindad

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Prabowo Subianto disebut akan memfasilitasi para menterinya dengan mobil Maung buatan PT Pindad (Persero).

Bahkan seluruh pejabat eselon I di pemerintahan saat ini, juga disebut akan mendapat fasilitas mobil Maung untuk dijadikan sebagai kendaraan dinas.

Seperti disampaikan oleh Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Anggito Abimanyu di acara puncak Dies Natalis Ke-15 dan Lustrum III Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, DI Yogyakarta, Senin (28/10/24).

“Minggu depan saya akan pakai mobilnya Maung itu, mobilnya Pindad itu,” sebutnya. Ia juga menyebut, Prabowo tidak menginginkan penggunaan mobil impor sebagai kendaraan dinas di masa pemerintahannya.

Baca juga: Presiden Prabowo Ungkapkan Komitmennya Rampungkan IKN

“Pak Prabowo sudah bilang, minggu depan tidak ada lagi barang impor untuk mobil eselon 1 sama menteri, luar biasa,” katanya lagi, dilansir kantor berita antara.

Mobil Maung, kata Anggita, dirancang Prof Sigit Puji Santosa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang juga sebagai Direktur Utama PT Pindad dengan 70 persen menggunakan komponen dari dalam negeri.

“Nanti kalau mau lihat Maung, kemarin Profesor Sigit dari ITB, Direktur Utama Pindad, menyampaikan dia merancang mobil Indonesia, 70 persen itu produk dalam negeri,” ungkapnya.

Baca juga: Presiden Prabowo Perintahkan Pertamina Beli 80 Kapal

Mobil Maung yang berbobot bobot 2.160 Kilogram adalah kendaraan taktis (Rantis) ringan 4×4 produksi PT Pindad yang ditujukan untuk mendukung operasi pertempuran jarak dekat dan jelajah medan sulit.

Maung didesain untuk memiliki kemampuan manuver yang gesit dan andal untuk mendukung mobilitas penggunanya di berbagai medan operasi. SUV tangguh ini memiliki kecepatan aman 120 km/jam, transmisi manual 6-percepatan dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km.

Mobil Maung dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol senjata SS2 V4, perangkat GPS navigasi dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya. Mobil berkapasitas empat penumpang ini dapat dimodifikasi sesuai keperluan. Dan mobil Maung yang khusus dipakai Prabowo telah dimodifikasi bergaya Eropa dengan velg chrome. Di belakang, ada logo “GARUDA”. (ant/hm27)

Related Articles

Latest Articles