6.8 C
New York
Sunday, October 27, 2024

DPRD Simalungun Ajak Warga Girsang Sipangan Bolon Tingkatkan Kesadaran Soal Sampah

Simalungun, MISTAR.ID

Eva Rontaline Sinaga, salah seorang dari empat perempuan yang menjabat sebagai anggota DPRD Simalungun mengajak warga Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, khususnya Parapat Kabupaten Simalungun untuk lebih peduli terhadap permasalahan sampah yang terus menjadi tantangan di kawasan super prioritas nasional (KSPN) Danau Toba.

Dalam pernyataannya baru-baru ini, Eva meminta masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Ia menekankan pentingnya pengelolaan sampah rumah tangga dengan lebih disiplin.

“Sampah dari masing-masing rumah tangga jangan dibuang ke tempat lain. Bungkus saja dan letakkan di depan rumah, nanti petugas kebersihan yang akan mengambilnya. Jika dibuang sembarangan, itulah yang menimbulkan masalah,” ujarnya.

Baca juga : Sambut Aquabike Jetski Championship 2024, PHRI Simalungun Minta Sampah-sampah Dibersihkan

Politisi dari Partai Golkar yang baru dilantik pada September 2024 ini menyadari bahwa meningkatkan kesadaran dan kualitas sumber daya manusia (SDM) terkait pengelolaan sampah bukanlah hal yang mudah.

Kedepannya, ia berencana akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan dinas terkait, agar warga lebih memahami peran penting mereka dalam menjaga kebersihan lingkungan, terutama di kawasan wisata Danau Toba.

“Selain pemerintah, masyarakat juga memiliki peran penting dalam merawat dan menjaga kebersihan Danau Toba. Harapannya, daerah wisata ini dapat semakin baik dan maju, khususnya di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon,” tambah Eva.

Baca juga : Kota Wisata Parapat Tercemar Sampah, Bau Menyengat Ganggu Pengunjung

Kebersihan di sekitar kawasan Danau Toba menjadi salah satu perhatian, mengingat statusnya sebagai salah satu destinasi wisata prioritas nasional. Seruan untuk merawat Danau Toba juga disampaikan Musisi Legendaris, Iwan Fals yang menggelar konser di Kota Pematangsiantar, Sabtu (26/10/24).

“Indah kali Danau Toba itu, itu harus dirawat, dijaga,” ujarnya disambut sorak-sorai masyarakat yang hadir. (indra/hm18)

Related Articles

Latest Articles