16.2 C
New York
Thursday, October 24, 2024

Ratusan Makam di Kelurahan Setia Negara Direlokasi

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Ratusan makam milik warga Lingkungan Satu, Gang Famili, Kelurahan Setia Negara, Kecamatan Siantar Sitalasari, Kota Pematangsiantar terpaksa dibongkar dan dipindah. Pembongkaran harus dilakukan karena daerah itu akan dilalui jalan tol Siantar-Parapat.

Berdasarkan pantauan mistar.id, lokasi pemakaman di Lingkungan I itu tepat berada di badan jalan tol. Kini, posisi pemakaman berada di cekungan antara gundukan tanah urug.

Di sekeliling kuburan itu, para pekerja tampak mengerjakan proyek pembangunan tol. Berbagai alat berat dioperasikan seperti ekskavator dan crane. Truk berlalu lalang di ruas jalan yang sudah diurug.

Sementara itu, para masyarakat setempat menggali satu per satu makam di Lingkungan Satu, Gang Famili, Kelurahan Setia Negara, yang akan dipindahkan akibat terdampak tol Siantar – Parapat Kesibukan juga terlihat di lahan untuk relokasi makam. Para warga menggali liang lahat untuk menguburkan kembali jasad yang dipindahkan.

Baca juga: Besok Pemko Panggil Pedagang Gedung IV Pasar Horas, Bahas Rencana Relokasi

Sebelum dimasukkan ke liang lahat di lokasi baru, jasad dikafani lagi dengan kain baru serta diberi pewangi di bawah tenda. Para ahli waris menyaksikan proses pemindahan makam kerabat mereka hingga keseluruhan tahapan selesai.

Sementara itu, Lurah Setia Negara, Didi Kimanto mengatakan pemindahan makam Komplek Lingkungan I total ada 257 makam yang dipindahkan akibat terkena proyek tol Siantar-Parapat.

Didi menjelaskan tempat pemakaman tersebut ialah tanah serikat bantuan kemalangan lingkungan satu kelurahan setia negara.

“Seluruh makam dipindahkan ke tempat baru. Untuk memindahkan ratusan makam itu dilakukan oleh masyarakat lingkungan satu dan disaksikan ahli waris. Pemindahan sudah dimulai sejak Senin 21 Oktober 2024,” ujarnya kepada mistar.id, Kamis (24/10/24).

Related Articles

Latest Articles